Beranda / Berita / Wapres Sebut, 53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur Sebagai Syuhada

Wapres Sebut, 53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur Sebagai Syuhada

Senin, 26 April 2021 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta -Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut berduka cita atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 usai insiden di perairan Bali. Ma'ruf Amin berharap para awak kapal gugur sebagai syuhada.

"Setelah melalui ikhtiar pencarian dan penyelamatan, hari ini saya mendapat laporan bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 telah tenggelam di perairan utara bali ketika melaksanakan tugas," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).

"Untuk itu saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, atas gugurnya 53 personel yang berada di dalam kapal selam KRI NAnggala-402," lanjutnya.

Ma'ruf menyebut seluruh awak kapal selam yang gugur sebagai putra terbaik bangsa dalam menjaga kedaulatan Indonesia. Dia pun berharap agar 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Para prajurit putra terbaik bangsa yang tanpa lelah terus menjalankan tugas mulianya dalam menjaga kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga arwah para awak kapal selam KRI NAnggala-402 teracatat sebagai syuhada dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala Tuhan Yang Maha Kuasa," ucap Ma'ruf.

Ma'ruf berharap agar keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabar. Kemudian dia juga mengingatkan agar pengorbanan 53 awak KRI Nanggala-402 bisa menjadi panutan bagi keluarga besar TNI untuk terus memberi pengabdian.

"Kepada segenap keluara yang ditinggalkan semoga senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Kepada keluarga besar TNI, khususnya TNI Angkatan Laut semoga dapat meneruskan pengabdian yang telah diberikan oleh rekan-rekan pendahulunya sebagia prajurit terbaik bangsa," ujarnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dan akan diberi kenaikan pangkat secara berjenjang. Berikut ini daftar 53 awak kapal KRI Nanggala.

"Kita akan memberikan suatu penghargaan kepada para prajurit Hiu Kencana Nanggala 402 dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada bapak Presiden yaitu berupa kenaikan pangkat, dan segera akan kita proses," kata Hadi.

Marsekal Hadi menyampaikan sejumlah bukti-bukti KRI Nanggala 402 telah tenggelam. Hadi menyatakan turut berduka atas gugurnya awak kapal KRI Nanggala serta menyampaikan duka kepada keluarga korban.

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala 402 telah gugur," ujarnya.[Detik]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda