Beranda / Berita / Terobosan Polri Buat SIM Bisa Lewat Smartphone, Berlaku 12 April 2021

Terobosan Polri Buat SIM Bisa Lewat Smartphone, Berlaku 12 April 2021

Minggu, 11 April 2021 11:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: doc antara


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Korlantas Polri resmi membuka layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baik A maupun C hanya lewat smartphone.

Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) dan biaa digunakan mulai 12 April mendatang. Dengan demiiian, pemohon tidak perlu lagi repot datang ke tempat lokasi pembuatan SIM dan juga mengantre untuk proses pembuatan SIM seperti yang sebelumnya.

Segala proses pengujian seperti ujian teori untuk mendapatkan SIM juga dilakukan secara online dan transparan yang terdapat pada aplikasi Sinar tersebut.

Tidak hanya pengujian teori, terdapat uji psikologis yang menggunakan aplikasi E-PPsi serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes. Sementara itu, untuk mereka yang mengajukan pembuatan SIM baru harus tetap datang ke Satpas untuk melakukan praktik secara langsung di tempat pembuatan SIM.

Meski harus terlebih dahulu melaksanakan uji teori yang terdapat pada aplikasi Sinar. Pembayaran juga dilakukan secara cashless, alias pemohon akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui Bank BRI, baik dengan cara transfer maupun datang langsung ke Bank (antara/jpnn).

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda