Beranda / Berita / RCTI, SCTV Hingga Trans TV, Ini Pemenang Slot TV Digital

RCTI, SCTV Hingga Trans TV, Ini Pemenang Slot TV Digital

Selasa, 27 April 2021 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta -  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerald Plate baru saja mengumumkan pemenang seleksi penyelenggaraan multipleksing televisi digital terestrial di 22 wilayah. Ia pun memberikan satu hari untuk masa sanggah.

Johnny Plate mengatakan menegaskan penetapan pemenang seleksi dilatari pertimbangan kemampuan dalam mendukung implementasi analog switch off (ASO).

"Hari ini pengumuman hasil seleksi dan diberikan kesempatan masa sanggah 1 hari setelah itu akan dilakukan penetapan pemenang seleksi penyelenggara multiplexing di 22 wilayah layanan berbasis provinsi," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (26/04/2021).

Menteri Johnny menyatakan Pemerintah meyakini Lembaga Penyiaran Swasta yang ditetapkan oleh panitia seleksi untuk menjadi penyelenggara multipleksing adalah mereka yang mempunyai kemampuan dalam mendukung implementasi migrasi TV digital dan ASO.

"Sesuai proposal dan rencana proposal yang disampaikan kepada tim seleksi," ungkapnya.

Menteri Johnny menyatakan lembaga penyiaran swasta, lokal dan komunitas yang tidak menjadi penyelenggara multipleksing tetap bisa menerapkan siaran digital dengan menggunakan 50% slot yang dikelola oleh Pemerintah melalui pemenang dan slot multipleksing yang dikelola oleh TVRI.

"Pemerintah menekankan penyelenggara multipleksing di setiap wilayah layanan harus mengalokasikan 50% dari slot multipleksing berbasis teknologi Standard Definition (SD) sebagai infrastruktur penyelenggara penyiaran atau konten di luar grup yang bersangkutan," tegasnya.

Adapun mengenai penerapan teknologi, Menteri Johnny menyatakan jika penyelenggara multipleksing memilih menggunakan teknologi High Definition (HD), maka yang bersangkutan dapat melakukan penyesuaian penggunaan teknologi tersebut.

"Dengan catatan bahwa kapasitas yang boleh digunakan ekuivalen dengan 50% SD," jelasnya.

Menkominfo menegaskan pemerintah akan memperhatikan kebutuhan perkembangan teknologi dan menyesuaikan dengan kebutuhan oleh lembaga penyiaran di waktu yang akan datang.

"Slot atau ketersediaan kanal multipleksing akan disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan layanan televisi digital di waktu yang atau penyiaran digital di waktu yang akan datang," ungkapnya.

Berikut pemenang Seleksi 22 wilayah:

ANTV -> Sumatera Barat 1; Lampung 1; Bali.

Trans TV -> Riau 1; Maluku Utara 1; Jambi 1; Kalimantan Barat 1; Kalimantan Tengah 1; Sulawesi Utara 1; Gorontalo 1; Papua 1.

Indosiar -> Jambi 1; Sumatera Selatan 1; Bengkulu 1; Kalimantan Barat 1.

RCTI -> Sulawesi Tengah 1; Gorontalo 1; Sulawesi Barat 1; Maluku 1; Papua 1; Bengkulu 1; Nusa Tenggara Timur 1; Sulawesi Selatan 1; Kepulauan Bangka Belitung.

Metro TV -> Nusa Tenggara Barat 1; Nusa Tenggara Timur 1; Sulawesi Utara 1; Sulawesi Selatan; Sulawesi Tenggara 1; Sumatera Barat 1; Lampung 1; Kepulauan Bangka Belitung; Bali.

SCTV -> Kalimantan Tengah 1; Papua Barat 4; Nusa Tenggara Barat 1; Sulawesi Tengah 1; Sulawesi Tenggara 1

Trans7 -> Sulawesi Selatan 1; Papua 1.

TVOne -> Riau 1; Maluku 1.

NTV -> Lampung 1; Bali.[CNBC Indonesia]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda