Beranda / Berita / Pj Bupati Aceh Besar Sambut Kepulangan Jamaah Haji

Pj Bupati Aceh Besar Sambut Kepulangan Jamaah Haji

Kamis, 11 Juli 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Pj Bupati Aceh Besar menyambut 342 jamaah haji kloter 1 di Asrama Haji Banda Aceh, Rabu sore. Foto: Humas Pemkab Aceh Besar.


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, menyambut kepulangan 342 jamaah haji asal Kabupaten Aceh Besar yang tergabung dalam kloter 1 Debarkasi Aceh di Aula Jeddah Asrama Haji, Banda Aceh, Rabu (10/07/2024) sore. 

Momen ini terasa istimewa karena kloter ini merupakan kloter pembuka yang tiba kembali dari tanah suci, dari total 12 kloter jamaah haji dari Aceh. Kloter Aceh Rayeuk ini juga tercatat paling kompak selama menjalankan ibadah di Tanah Suci dan paling lengkap kembali ke tanah air, tanpa ada yang tertinggal karena faktor kesehatan atau meninggal dunia di Tanah Suci.

Kepulangan jamaah haji disambut meriah oleh keluarga yang menjemput. Ribuan orang berkumpul di pintu gerbang sejak menjelang siang. Panitia terpaksa menutup pintu pagar untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah yang baru menempuh perjalanan udara dari Tanah Suci.

Terdengar panggilan bersahutan dari keluarga saat rombongan jamaah memasuki area pintu gerbang. Lambaian kerinduan tampak dari jamaah di dalam bus dan para penjemput yang tak sabar menemui keluarganya yang baru pulang berhaji.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Iswanto menyampaikan ucapan selamat datang kembali di tanah air kepada seluruh jamaah haji atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar. 

"Semoga semua jamaah mendapat predikat Haji dan Hajjah Mabrur serta membawa kedamaian dan keberkahan bagi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Besar," katanya.

Ia menambahkan, "Kita patut bersyukur bahwa seluruh Jamaah Haji asal Kabupaten Aceh Besar kembali dalam keadaan utuh dan sehat walafiat tanpa kekurangan apapun. Selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan sanak famili. Besar harapan kami, para jamaah dapat menjadi panutan dan contoh teladan yang baik bagi masyarakat sekitar, khususnya keluarga masing-masing, sehingga dapat memberikan warna untuk mewujudkan Aceh Besar sejahtera yang religius dan berkarakter."

Pj Gubernur Aceh yang diwakili Pj Sekda Aceh, Azwardi Abdullah AP MSi, menyampaikan selamat datang di tanah air. Ia mengajak para jamaah untuk bersama-sama membangun Aceh bagi masa depan yang lebih baik. 

"Kami berharap jamaah haji bisa membawa keteladanan dan semangat kebaikan bagi daerah," ujarnya.

Kakankemenag Aceh Besar, H Saifuddin, menjelaskan bahwa jamaah haji asal Kabupaten Aceh Besar umumnya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 dan 6. Namun, ada 4 jamaah cadangan yang tergabung dalam Kloter 5 dan 12. 

"Jadi, dari sebaran jamaah haji di 4 Kloter terdiri dari 342 orang jamaah tergabung dalam Kloter 1, 2 orang di Kloter 5, 47 orang di Kloter 6, dan 2 orang lagi di Kloter 12," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa jumlah seluruh jamaah haji asal Aceh Besar yang berangkat pada tahun ini sebanyak 393 orang. "Kita doakan seluruh jamaah kembali dalam keadaan sehat wal afiat," pungkasnya.



Hadir dalam penyambutan antara lain Pj Bupati Aceh Besar, Kanwil Kemenag Aceh, Kadis Syariat Islam Aceh, Kakankemenag Aceh Besar, Kakankemenag Kota Sabang, dan jajaran PPIH Aceh.

Pada musim haji tahun 2024 ini, Aceh mendapat kuota sebanyak 4.710 jamaah dan petugas yang terbagi dalam 12 kloter. Tahun ini, sebanyak 11 jamaah dan seorang petugas haji Aceh meninggal dunia di Tanah Suci Mekah.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan jamaah haji kloter 1 memberikan sumbangan sebesar 4.605 Riyal dan Rp21,8 juta yang dikumpulkan dari para jamaah haji kloter 1 untuk pembangunan Masjid Al Mabrur yang berada di kompleks Asrama Haji Aceh.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda