Beranda / Berita / Pesan Wapres di Peringatan Haul Akbar Jama’ah Al-Khidmah

Pesan Wapres di Peringatan Haul Akbar Jama’ah Al-Khidmah

Minggu, 05 Maret 2023 23:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak umat muslim bersikap tabayun sebagai aktualisasi dari nasihat syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

Nasihat ulama besar itu adalah jangan menyukai seseorang atau membencinya sebelum menimbang semua perbuatannya dengan al-Quran dan Hadis, tidak menyukai atau membenci seseorang berdasarkan hawa nafsu.

“Sebagai orang yang beriman, kita harus memiliki filter atas berita-berita yang ada. Harus ada proses tahqiq dan tabayun atas kebenaran berita tersebut, sebagaimana diajarkan dalam al-Quran dan Hadis, sehingga tidak salah dalam menilai seseorang,” ungkap Wapres yang dikutip melalui siaran persnya, Minggu (5/3/2023).

Menurut Wapres, nasihat ini sangat relevan untuk diterapkan saat ini, di mana penilaian terhadap seseorang banyak disandarkan pada berita di media sosial, yang tidak jarang belum terkonfirmasi kebenarannya atau hoaks.

“Nasihat Syaikh Abdul Qadir al-Jilani tersebut sangat penting untuk kita ikuti dan sebarkan kepada orang lain,” tegas Wapres.

Dalam acara yang diisi dengan dzikir, solawat kepada Nabi, dan doa bersama ini, Wapres juga mengingatkan bahwa kegiatan ini penting dan harus terus dilakukan sebagai upaya memohon pertolongan dan perlindungan Allah subhanahu wa ta’ala dari segala keburukan.

“Melalui acara ini kita bermunajat dan memohon kepada Allah SWT agar bangsa dan negara kita dijauhkan dari bencana dan marabahaya, dihindarkan dari kesulitan dan ancaman, serta direkatkan melalui ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menekankan, sebagai umat manusia kita harus melakukan berbagai upaya perbaikan dalam membangun negeri dan juga disertai doa kepada Sang Pencipta karena semua terjadi atas kehendak-Nya.

“Kita sebagai bangsa telah melakukan ikhtiar dhahiriyah untuk menjaga dan menguatkan bangsa dan negara. Namun sebagai orang beriman, kita juga sangat sadar bahwa upaya dan ikhtiar tersebut tidak akan banyak artinya tanpa kehendak Allah SWT,” tambah Wapres.

Untuk itu, bagi Wapres, bermunajat memohon syafaat Allah SWT terlebih dilakukan secara bersama-sama, merupakan bentuk kesungguhan dalam mencapai segala yang diupayakan.

“Berdoa merupakan inti ibadah dalam berdoa kita merendahkan diri di hadapan kemaha-agungan dan maha-kuasaan Allah. Dalam berdoa kita bergantung hanya kepada Allah,” pungkasnya. [InfoPublik] 

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda