Beranda / Berita / Peringatan di Aceh: Jejak Harimau Terlihat, Warga Diminta Tetap Waspada

Peringatan di Aceh: Jejak Harimau Terlihat, Warga Diminta Tetap Waspada

Minggu, 21 April 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Harimau Sumatera kemunculan di Mata Ei. Foto: kolase Dialeksis.com


DIALEKSIS.COM | Aceh - Warga diminta untuk menahan diri dari melakukan aktivitas di kawasan Gunung Deunong, Japakeh, Mata Ie, hingga Keude Bieng di Aceh. Imbauan tersebut diprakarsai setelah ditemukan jejak yang diduga berasal dari harimau di wilayah tersebut pada pagi Jumat (19/4/2024).

Jejak harimau tersebut pertama kali ditemukan oleh personel TNI dari satuan Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM). 

Kepala Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Ujang Wisnu Barata, menyatakan bahwa jejak harimau terpantau di lapangan tembak di kawasan Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. 

"Informasi ini langsung disampaikan oleh pihak Rindam TNI. Setelah dilakukan pengecekan lapangan, benar adanya jejak harimau di sana," ungkap Ujang pada Sabtu, 20 April 2024.

Menurut Wisnu, dari kesaksian saksi di lapangan, Koptu Windi Oka Syahputra yang tengah bertugas memotong rumput di sekitar lapangan tembak pistol eksekutif bersama temannya, melihat adanya harimau. 

"Mereka segera menghentikan aktivitas mereka dan melaporkan temuan ini ke kantor BKSDA," tambahnya.

BKSDA telah memasang kamera untuk memantau keberadaan harimau di lokasi tersebut, dengan radius penjangkauan hingga satu kilometer dari pemukiman warga. 

"Kami terus memonitor apakah harimau itu datang sendiri atau bersama kelompok lainnya, untuk menentukan langkah selanjutnya," jelasnya.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda