Beranda / Berita / Penumpang Bandara SIM Membludak Jelang Idul Adha

Penumpang Bandara SIM Membludak Jelang Idul Adha

Selasa, 18 Juni 2024 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Suasana penumpang di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Aceh. Foto: Antara/HO-Angkasa Pura II.


DIALEKSIS.COM | Aceh - Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, mencatat lonjakan jumlah penumpang pada Sabtu 15 Juni 2024 dengan total 2.993 orang. Angka ini menjadi puncak kedatangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi menjelaskan, bahwa peningkatan penumpang yang datang ke Aceh melalui Bandara SIM kemungkinan besar untuk merayakan tradisi "meugang" dan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga di Aceh. "Jumlah penumpang yang datang melalui Bandara SIM lebih banyak dibanding dengan yang berangkat," katanya melansir Antara, Senin (17/6/2024).

Data menunjukkan bahwa pada Sabtu (15/6), jumlah penumpang yang datang mencapai 1.604 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 1.389 orang. Tren ini berlanjut hingga Minggu (16/6) dengan 1.951 penumpang datang dan 825 penumpang berangkat. "Secara umum jumlah kedatangan hingga saat ini lebih banyak dibandingkan dengan yang berangkat," ungkapnya.

Rata-rata Bandara SIM melayani sekitar dua ribu penumpang per hari. Maskapai penerbangan domestik yang beroperasi di bandara ini antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air, dan Susi Air (perintis). Penerbangan internasional dilayani oleh Air Asia, Firefly, dan Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang, dan Jeddah. Penerbangan domestik lainnya menghubungkan bandara ini dengan Jakarta, Kualanamu, Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, dan Gayo Lues.

Bandara SIM memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat. Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda