Beranda / Berita / Pengurus Masjid Laporkan Pelaku Pengganti QRIS Palsu ke Polisi

Pengurus Masjid Laporkan Pelaku Pengganti QRIS Palsu ke Polisi

Selasa, 11 April 2023 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Waspadalah terhadap modus penipuan baru berbentuk infak digital menggunakan QRIS barcode yang terpasang pada kotak amal. Beberapa waktu lalu, kamera pengawas (CCTV) Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan, merekam aktivitas seorang laki-laki tak dikenal melakukan tindak pidana.

Orang tersebut memasang sejumlah QRIS barcode bertuliskan 'Infak Restorasi Masjid di sejumlah kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M. Kini laki-laki tersebut sedang dalam pencarian aparat kepolisian.

Sekretaris Masjid Nurul Iman Blok M, Habibi Katin, mengatakan, laki-laki tersebut melancarkan aksinya pada Kamis (6/4/2023) sekitar pukul 10.30 WIB. 

Namun, pengurus DKM Masjid Nurul Iman Blok M baru mengetahui aksi kejahatan itu pada Ahad (9/4/2023), setelah menemukan kejanggalan pada kotak amal dan melihat CCTV.  

"Kita lihat ada keanehan saja, biasanya di kotak-kotak infak itu gak ada stiker QRIS terutama kotak bagian luar. Nah, ini ada stiker asing, kita curiga dan periksa semua kotak dan tiang-tiang serta dinding masjid, ternyata ada banyak stiker QRIS yang mencurigakan itu," kata Habibi, Senin (10/4/2023).

Pengurus DKM Masjid Nurul Iman pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Metro Jakarta Selatan (Polrestro Jaksel). Pihaknya juga langsung mencopot stiker QRIS di beberapa titik di masjid. 

"Maka setelah kita pastikan bukan punya pihak masjid, maka kita lepas semua. Setelah itu kita cek CCTV untuk mengetahui pelaku yang nempel stiker dan ketahuan," ujar Habibi.

Marbut Masjid Nurul Iman Blok M Square, Carmita, menjelaskan, perbuatan pelaku itu sangat meresahkan. Dia berharap, aparat segera menangkap laki-laki tersebut.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda