Beranda / Berita / Musala Mirip Kakbah di Pati Viral, Takmir Ungkap Inspirasi di Baliknya

Musala Mirip Kakbah di Pati Viral, Takmir Ungkap Inspirasi di Baliknya

Senin, 03 Juni 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Musala Nur Ihsan yang terletak di Desa Trangkil, Kabupaten Pati. Foto: wartaphoto.net


DIALEKSIS.COM | Pati - Keunikan Musala Nur Ihsan yang terletak di Desa Trangkil, Kabupaten Pati, menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, bangunan musala ini memiliki bentuk yang sangat menyerupai Kakbah di Kota Makkah, Arab Saudi. Hal ini pun menuai apresiasi dari para netizen.

Aris Solikhin, selaku Takmir Musala Nur Ihsan, mengungkapkan bahwa pembangunan musala tersebut baru dimulai pada Januari 2024 atas inisiatif dirinya dan wakif tanah. Inspirasi di balik pemilihan bentuk Kakbah ini berasal dari arahan Kiai Muhammad Ibrahim Al-Majid, pengasuh Pondok Pesantren Nur Ihsan di Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang.

"Kami memilih bentuk Kakbah karena keunikan dan daya tariknya bagi masyarakat. Selain itu, kami berharap desain ini dapat menginspirasi jemaah untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah," jelas Aris, Jumat (31/5/2024).

Meskipun pembangunan Musala Nur Ihsan masih berlangsung, donasi yang terkumpul telah mencapai lebih dari Rp100 juta. Namun, Aris menyatakan bahwa pihaknya masih membutuhkan dana tambahan untuk menyelesaikan pagar dan beberapa bagian lainnya.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Musala Nur Ihsan juga akan dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak penyandang autisme. Dengan demikian, keberadaan musala ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga sosial bagi masyarakat sekitar.

Viralnya Musala Nur Ihsan di media sosial menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap inovasi dalam desain tempat ibadah. Keunikan bentuknya yang terinspirasi dari Kakbah menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus mengingatkan akan pentingnya menjalankan ibadah haji atau umrah bagi umat Muslim.

Keyword:


Editor :
Redaksi

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda