Beranda / Berita / Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Salat Id di 353 Titik

Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Salat Id di 353 Titik

Rabu, 28 Juni 2023 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Yogyakarta - Pengurus Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar salat Iduladha di ratusan titik pada Rabu, 28 Juni 2023. Lokasi salat id tersebar di lima kabupaten/kota. 

"PWM DIY menyiapkan 353 titik dan tempat untuk penyelenggaraan salat Iduladha dan rangkaiannya," kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Ikhwan Ahada.  

Ia menjelaskan ketetapan waktu perayaan Hari Raya Iduladha tersebut didasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Putusan itu dituangkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.

Ikhwan mengajak umat Islam yang merayakan Iduladha besok agar berduyun-duyun dan berbondong-bondong di tanah lapang terdekat untuk salat id. Di sisi lain, pihaknya meminta warga persyarikatan menyikapi perbedaan dengan dewasa. Pihaknya menginginkan sikap saling menghargai terhadap pihak lain. 

"Semoga sikap dewasa yang matang dalam bertindak akan menjadikan suasana tertib, aman terkendali, dan sekaligus menciptakan iklim tasamuh di antara warga bangsa," kata dia. 

Berkaitan dengan hari raya iduladha, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah dengan memberikan hari libur dua hari. Menurut dia, kebijakan itu berdampak pada fokusnya umat islam menjalankan ibadah. 
 

"Penambahan (waktu) cuti bersama pada 30 Juni sehingga umat Islam menjadi lebih leluasa dalam melaksanakan rangkaian ibadah idul kurban pada tahun ini," ucapnya.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda