Beranda / Berita / Mualem - Dek Fad dalam Timbangan Pewartaan Dialeksis

Mualem - Dek Fad dalam Timbangan Pewartaan Dialeksis

Kamis, 15 Agustus 2024 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Redaksi

Prediksi dialeksis tentang pasangan Muzakir Manaf. Foto: Kolase Dialeksis


DIALEKSIS.COM | Aceh - Hari ini, Kamis (15/8) Dialeksis menurunkan berita berjudul “Ketua Timsel PA, Dr Nurlis: Dek Fad Pendamping Mualem.”

“Pada tahap ini, dapat saya informasikan, bahwa Partai Aceh memilih dan menentukan Fadhlullah (Dek Fad), sebagai Calon Wakil Gubernur Aceh untuk pasangan Calon Gubernur Aceh Muzakir Manaf (Mualem),” sebut Nurlis di Banda Aceh, Kamis (15/8/2024).

Berita itu selaras dengan berita-berita yang sudah dipublikasi Dialeksis sebelumnya. 

“Kita punya dua nama kuat sebagai calon pendamping Mualem. Satu nama dari hasil seleksi dan satu lagi di luar seleksi,” kata Bahtiar Gayo pimpinan redaksi dalam rapat di redaksi Dialeksis sehari usai Dialeksis memberitakan Gerindra memutuskan mendukung Mualem, Selasa (23/7).

Untuk diketahui dukungan Gerindra terhadap Mualem juga sudah dibaca oleh Dialeksis jauh hari. Ini terbaca dari berita berjudul “Gerindra Dikabarkan Dukung Muzakir Manaf di Pilkada Aceh” yang dipublikasi pada Rabu, 26 Juni 2024. 

Menurut Bahtiar, karena Mualem cenderung memperlebar dukungan politik dari partai nasional khususnya dari Gerindra yang sukses mengalang Prabowo terpilih sebagai Presiden RI maka Dialeksis lebih cenderung pada nama dari luar hasil seleksi. 

“Nama dari luar hasil seleksi ini adalah nama yang disodorkan oleh Gerindra, yaitu Fadlullah alias Dek Fad,” papar Bahtiar.

Itulah mengapa ada beberapa kali berita Dialeksis terkait nama Dek Fad. Salah satu berita berjudul “DPP Gerindra Condong ke Fadhlullah sebagai Wakil Mualem, Rabu, 24 Juli 2024. 

Memang, hasil penggalian Dialeksis nama Dek Fad sempat meredup, dibanding nama-nama lainnya. Dan itu, terlihat dari berita Dialeksis berjudul “Gerindra Dikabarkan Dukung Muzakir Manaf di Pilkada Aceh” pada Rabu, 26 Juni 2024. 

Namun, pada Agustus 2024, nama Dek Fad kembali menguat. Berita berjudul “Viral Video Mualem-Dek Fad Berpasangan, Jubir PA: Tunggu Pengumuman Resmi yang ditayangkan pada Rabu, 14 Agustus 2024 menunjukkan penguatan nama Dek Fad dibursa bakal calon pendamping Mualem. 

Mengarah ke nama Dek Fad dari PKS, Dialeksis pun menurunkan dua berita. Satu berita berjudul “PKS Aceh Beri Keleluasaan Mualem Pilih Wakil Gubernur pada Senin, 05 Agustus 2024 dan berita “PKS Aceh Pertimbangkan Dua Nama untuk Cawagub Mualem,” pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda