Beranda / Berita / Menparekraf Targetkan 6 Ribu Desa Wisata Tahun Depan

Menparekraf Targetkan 6 Ribu Desa Wisata Tahun Depan

Jum`at, 15 September 2023 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Solo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan penambahan desa wisata menjadi 6.000 desa pada tahun depan. Penambahan jumlah desa wisata dilakukan untuk membuka lebih banyak peluang kerja di sektor wisata.

"Saat ini sudah ada 4.700 desa wisata. Tahun depan akan kami lengkapi total menjadi 6.000 desa wisata," beber Sandiaga di sela kunjungan kerja di Hetero Space Solo, Jumat (15/9/2023).

Pihaknya bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Desa Indonesia (IPDA) untuk merealisasikan target tersebut. Menurutnya, pemuda desa memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan.

Di sisi lain, dia berharap pembukaan desa wisata mampu membuka peluang usaha sehingga bisa mencapai 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024. 

"Pulau Jawa berkontribusi 60 persen dari total tersebut, sedangkan Jawa Tengah diharapkan bisa menciptakan sepertiga dari total 60 persen lapangan kerja yang tercipta. Karena di Jawa Tengah ada destinasi superprioritas, seperti Borobudur. Kemarin sudah kami sentuh dengan kehadiran Poltekpar (Politeknik Pariwisata)," bebernya. 

Sementara itu, Sandiaga menekankan terbentuknya ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif mampu menciptakan lapangan kerja lebih banyak, yaitu enam kali lipat dibandingkan sektor lain.

"Dibandingkan yang lain, sektor wisata bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Dengan demikian anak muda akan berdaya," ucapnya. 

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda