Beranda / Berita / Mendagri Ingatkan Pj Gubernur Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Mendagri Ingatkan Pj Gubernur Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Selasa, 05 September 2023 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberi sejumlah arahan kepada sembilan penjabat (Pj) gubernur. Salah satunya terkait netralitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya minta di tahun politik mengambil posisi netral, tidak dalam posisi politik praktis, tapi politik membangun daerah masing-masing. Itu terpenting," kata Tito di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023). 

Tito mengingatkan agar para pj gubernur memanfaatkan kepercayaan negara dan pemerintah pusat atas penunjukan itu. Mereka mesti menjalankan roda pemerintahan karena mengisi kekosongan gubernur yang masa jabatannya sudah habis.

"Pj yang baru banyak minta masukan ke pejabat lama. Hal positif dari pejabat lama diteruskan, kalau ada yang kurang lakukan koreksi dan perbaikan," ujar eks Kapolri itu.

Selain itu, Tito mengimbau para pj gubernur baru menjalin hubungan baik dengan eks gubernur. Supaya seluruh pj semakin cepat memahami dinamika di daerah masing-masing.

"Pelantikan sudah selesai dan ini menandai bapak-bapak resmi menjadi kepala daerah pimpinan sipil tertinggi daerah yang sangat menentukan ke depan," papar dia. 

Tito turut menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada gubernur sebelumnya. Dia yakin segala kontribusi dan capaian mereka selama ini bermanfaat bagi masyarakat.

"Serta semua pihak mendukung pejabat lama dan penjabat baru agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya meski dinamika selalu ada," ucap dia. 

Berikut ini nama-nama pj gubernur yang dilantik, Selasa, 5 September 2023:

Pj Gubernur Sumatra Utara Hassanudin

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya

Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi

Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi

Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda