Beranda / Berita / Lima Tempat Terlarang di Dunia, Misteri dan Bahaya yang Mengintai

Lima Tempat Terlarang di Dunia, Misteri dan Bahaya yang Mengintai

Minggu, 30 Juni 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Tempat berbahaya di belahan dunia. Foto: kolase Dialeksis.com


DIALEKSIS.COM | Dunia - Dunia kita penuh keajaiban, namun beberapa tempat justru terlalu berbahaya untuk dikunjungi. Mari kita jelajahi lima lokasi misterius yang terlarang bagi manusia.

1. Doomsday Vault: Benteng Terakhir Keanekaragaman Hayati



Di kejauhan Arktik Norwegia, tersembunyi sebuah fasilitas yang menjaga masa depan umat manusia. Svalbard Global Seed Vault, atau lebih dikenal sebagai "Doomsday Vault", menyimpan jutaan benih tanaman dari seluruh dunia. Lokasinya yang terpencil dan penjagaan ketat menjadikannya hampir mustahil untuk dikunjungi umum. Namun di balik pintunya yang tertutup rapat, tersimpan harapan bagi kelangsungan pertanian global pasca bencana besar.

2. Pulau Ular: Surga Beracun di Brasil


Pulau Ular atau Ilha da Queimada Grande (Foto: Whenonearth)

Bayangkan sebuah pulau di mana setiap langkah bisa membawa maut. Inilah Ilha da Queimada Grande, atau "Pulau Ular" di Brasil. Dihuni oleh ribuan ular berbisa emas lancehead, pulau ini begitu berbahaya hingga pemerintah Brasil melarang keras kunjungan umum. Bahkan tim peneliti wajib didampingi dokter saat mengeksplorasi pulau mematikan ini.

3. Chernobyl: Kota Hantu Radioaktif


(istimewa/gettyimages/detikcom)

Tiga dekade setelah bencana nuklir terburuk dalam sejarah, Chernobyl tetap menjadi pengingat mengerikan akan bahaya teknologi nuklir. Meski proyek pembersihan terus berlangsung, para ahli memperkirakan area ini tidak akan aman dihuni selama puluhan ribu tahun ke depan. Chernobyl kini berdiri sebagai monumen suram peringatan bagi umat manusia.

Pembangkit nuklir Chernobyl terletak tidak jauh dari kota Priyat yang sekarang menjadi wilayah Ukraina. Pada saat terjadi, kota yang sekarang sudah ditinggalkan karena bahaya radioaktif ini adalah wilayah Uni Soviet. 

4. North Brother Island: Pulau Terkutuk di Jantung New York


Foto:  Google Photo

Di tengah hiruk pikuk New York, tersembunyi sebuah pulau dengan masa lalu kelam. North Brother Island, bekas lokasi rumah sakit karantina, kini berdiri rusak dan terbengkalai. Sejarahnya yang suram, termasuk perawatan "Typhoid Mary", membuatnya menjadi objek fascinasi sekaligus kengerian. Kini, pulau ini menjadi suaka burung yang tertutup rapat dari dunia luar.

5. Niihau: "Pulau Terlarang" Hawaii


Foto: alohavalley.com

Di balik citra Hawaii yang eksotis, tersembunyi Niihau - pulau pribadi yang nyaris tak tersentuh dunia luar. Sejak 1864, pulau ini dimiliki secara turun-temurun oleh keluarga Sinclair. Kebijakan isolasi ketat yang dimulai pada 1952 telah menjaga Niihau dan sekitar 170 penduduknya dari pengaruh luar, menjadikannya salah satu komunitas paling terisolasi di dunia.

Tempat-tempat ini mengingatkan kita akan misteri dan bahaya yang masih ada di dunia modern. Meski kita tidak bisa mengunjunginya, keberadaan mereka memberi warna pada imajinasi kita tentang apa yang tersembunyi di sudut-sudut terpencil bumi.

Keyword:


Editor :
Redaksi

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda