Beranda / Berita / Lampaui Kasus Baru Harian Covid-19 Aceh, Pasien Sembuh 386 Orang

Lampaui Kasus Baru Harian Covid-19 Aceh, Pasien Sembuh 386 Orang

Minggu, 29 Agustus 2021 07:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Ist


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pasien penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dinyatakan sembuh bertambah lagi sebanyak 386 orang, melampaui jumlah kasus baru harian yang sebanyak 307 orang. Sementara itu, kasus aktif (pasien dalam perawatan) sudah mencapai 6.684 orang, dan 23 orang dilaporkan meninggal dunia di Aceh. 

“Kita bersyukur banyak yang sembuh meski kasus baru harian juga bertambah lagi,” tutur Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Sabtu (28/8/2021). 

Ia menjelaskan, pasien-pasien yang dinyatakan sembuh dalam waktu 24 jam terakhir sebarannya hampir merata di semua kabupaten/kota dengan jumlah yang berbeda, dan paling banyak warga Aceh Barat mencapai 176 orang. Kemudian disusul warga Banda Aceh 74 orang, Lhokseumawe 30 orang, Aceh Besar 20 orang, dan warga Aceh Utara 18 orang. 

Selanjutnya warga Bireuen dan Pidie Jaya sama-sama 15 orang, warga  Aceh Singkil 13 orang, dan Aceh Tengah 12 orang. Lebih lanjut warga Langsa enam orang, Gayo Lues tiga orang, Sabang dua orang, warga Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, dan Nagan Raya, masing-masing satu orang. Sedangkan tiga lagi warga dari luar daerah. 

“Terdapat data minus tiga di Aceh Selatan, dan minus satu di Aceh Barat Daya, karena data kasus dimutasi ke daerah sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP),” kata pria yang disapa SAG itu. 

Sementara itu, kasus baru yang mencapai 307 orang meliputi warga Banda Aceh 90 orang, Aceh Besar 48 orang, Aceh Selatan 45 orang, Aceh Tamiang dan Pidie 20 orang. Warga Aceh Utara 16 orang, Bireuen dan Aceh Barat sama-sama 15 orang. 

Kemudian warga Lhokseumawe sembilan orang, Subulussalam tujuh orang, Aceh Tenggara enam orang, dan warga Langsa sebanyak lima orang. Selanjutnya warga Aceh Timur dan Aceh Singkil sama-sama empat orang. 

Selanjutnya, warga Pidie Jaya tiga orang, warga Gayo Lues, Aceh Tengah, dan warga Nagan Raya masing-masing satu orang. Data minus tiga kasus di Aceh Barat Daya karena kasus tersebut dimutasi ke kabupaten domisili kasus sesuai status kependudukannya, tambah SAG.   

Kasus kumulatif 

Selanjutnya ia melaporkan kasus akumulatif kasus Covid-19 Aceh telah mencapai 32.084 orang, hingga 28 Agustus 2021. Pasien Covid-19 yang sedang dirawat sebanyak 6.684 orang. Para penyintas Covid-19, (yang sudah sembuh) sebanyak  23.992 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 1.408 orang. 

Data kasus akumulatif tersebut termasuk kasus positif baru harian yang bertambah  hari ini mencapai 307 orang. Pasien yang sembuh bertambah 386 orang, dan penderita Covid-19 yang meninggal dunia bertambah lagi 23 orang. 

“Penderita Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 23 orang lagi di Aceh,” katanya. 

Kasus-kasus meninggal dunia meliputi warga Banda Aceh sebanyak tujuh orang, Aceh Barat empat orang, warga Langsa dan Lhokseumawe sama-sama tiga orang. Kemudian warga Aceh Besar sebanyak dua orang, warga Gayo Lues, Aceh Tengah, Sabang, dan Simeulue, masing-masing satu orang. 

Lebih lanjut ia memaparkan data akumulatif kasus probable, yakni sebanyak 887 orang, meliputi 785 orang selesai isolasi, 25 orang isolasi di rumah sakit, dan 77 orang meninggal dunia. Kasus probable yakni pasien yang secara klinisnya menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19 dan dalam proses pemeriksaan swab-nya. 

Sedangkan kasus suspek secara akumulatif tercatat sebanyak 9.894 orang. Suspek yang telah usai isolasi sebanyak 9.704 orang, sedang isolasi di rumah 166 orang, dan 24 orang sedang diisolasi di rumah sakit, tutupnya.[] 

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda