Beranda / Berita / Koperasi Nilam Inovac-ARC USK Raih Peringkat Pertama Koperasi Produsen Berprestasi Aceh 2023

Koperasi Nilam Inovac-ARC USK Raih Peringkat Pertama Koperasi Produsen Berprestasi Aceh 2023

Minggu, 20 Agustus 2023 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Koperasi Inovasi Nilam Aceh (INOVAC) meraih penghargaan sebagai Koperasi Produsen Berprestasi 2023 Peringkat pertama se-Aceh. 

Penyerahan penghargaan ini dilakukan pada acara Peringatan Hari Koperasi ke-76 dan Hari UMKM ke-7 Tingkat Provinsi Tahun 2023 yang digelar di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh pada 20 Agustus 2023. Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Pejabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki kepada Ketua Koperasi Inovac, apt. Nadia Isnaini, S.Farm. M.Sc.

Pada kegiatan ini, selain menyerahkan anugerah kepada Koperasi berprestasi, Penjabat Gubernur Aceh juga menyerahkan Anugerah kepada Koperasi RAT Terbaik, UMKM Penerima Sertifikat Halal, Dana KUR serta Peralatan kerja. 

Achmad Marzuki menyatakan bahwa Koperasi dan UMKM Memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian Aceh, semakin maju Koperasi dan UMKM Aceh maka perekonomian Aceh akan semakin maju dan berkembang. Hal ini dapat menekan angka kemiskinan di Provinsi Aceh.

"Jika koperasi tumbuh dengan baik, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh dengan baik, maka ekonomi Aceh juga akan maju dan angka kemiskinan akan terus menurun" urai Marzuki.

"Insya Allah kemajuan UMKM berarti menuju pada kemakmuran rakyat. Pemerintah secara konsisten akan terus berusaha melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan OPD lainnya untuk tetap konsisten melakukan perbaikan dan peningkatan kepada gerakan koperasi, sehingga terus tumbuh dan berkembang dengan baik" pungkas Marzuki

Ketua Koperasi Inovac , apt. Nadia Isnaini, S.Farm. M.Sc mengatakan semoga kedepannya Koperasi Inovac dapat memberikan lebih banyak dampak positif dan meningkatkan perekonomian para petani nilam Aceh. 

"Koperasi Inovac merupakan perpanjangan tangan Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK) dalam membantu petani nilam. Dan upaya tersebut mulai membuahkan hasil" jelas Nadia.

"Inovasi produk turunan berbasis nilam yang dikomersialisasikan sejak 2019 semakin dilirik oleh pasar dan menjadi lebih baik dari tahun ke tahun," lanjut Nadia. 

"Semoga kedepannya keberadaan Koperasi Inovac di USK sebagai jantung hati rakyat Aceh bisa meningkatkan perekonomian petani dan UMKM nilam Aceh menjadi semakin baik" pungkas Nadia yang juga nerupakan Dosen Farmasi USK Lulusan Cosmetics Science Prince Shongkla University Thailand ini.

Koperasi Inovac berkembang pesat karena dikelola secara modern oleh pengelola yang memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi. Selain itu produk yg dihasilkan berbasis riset perguruan tinggi yaitu ARC USK yang teruji secara akademis sehingga diterima baik oleh pasar. 

Mentri Koperasi Teten Masduki dan beberapa tokoh nasional lainnya juga sudah berkunjung ke Inovac di Kampus USK dan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap perkembangan Inovac.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Aceh, Azhari dalam sambutannya menyampaikan komitmen pemerinrah Aceh untuk terus mengembangkan UMKM. Pemberian pengharhaan ini merupakan agenda tahunan untuk mendorong iklim yang kondusif untuk pengembangan UMKM khususnya di Aceh. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong semangat Koperasi dan UMKM Aceh untuk lebih berkembang dan maju dalam rangka membangun perekonomian daerah dan nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda