Beranda / Berita / Kepala PPATK: Belum Ada Transaksi Rp 2 Triliun dari Keluarga Akidi Tio

Kepala PPATK: Belum Ada Transaksi Rp 2 Triliun dari Keluarga Akidi Tio

Rabu, 04 Agustus 2021 11:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae menyatakan hingga Selasa (3/8/2021), transaksi perbankan sebesar Rp 2 triliun yang merupakan sumbangan dari keluarga Akidi Tio belum terlihat jejaknya.

"Memang harus diakui bahwa berdasarkan pengamatan kita sementara secara domestik belum berbicara masalah internasional, sampai hari ini, sampai siang ini, data menunjukkan bahwa memang transaksi itu belum ada. Itu yang sudah bisa dikatakan suatu hal yang bisa kita monitor secara langsung karena PPATK kalau memiliki akses langsung kepada sistem keuangan kita," kata Dian dikutip dari Tribunnews.com, Selasa.

Untuk itu, Dian mengatakan PPATK akan terus menelusuri dan memeriksa jejak keuangan keluarag Akidi Tio yang sebelumnya menjanjikan sumbangan sebesar Rp 2 triliun yang diperuntukkan bagi masyarakat Sumatera Selatan.

Rencananya, uang sebesar Rp 2 triliun itu akan disumbangkan ke masyarakat Sumatera Selatan lewat rekening milik Polda Sumatera Selatan

"Jadi pemeriksaanya itu harus diperluas dan diperlebar. Jadi segala aspek dari transaksi itu harus diteliti oleh bank dan dilaporkan ke PPATK untuk dilakukan langkah-langkah yang diperlukan," tutur Dian.

Sebelumnya, Direktur Intelkam Polda Sumatera Selatan Kombes Ratno Kuncuro menyebutkan bahwa Heriyanti telah ditetapkan tersangka terkait kasus hoaks sumbangan Rp 2 triliun.

Namun, hal itu dibantah oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumsel Kombes Supriadi.

Menurut Supriadi, anak Akidi Tio hanya diundang untuk datang ke Polda Sumsel dan diminta menjelaskan perihal sumbangan Rp 2 triliun yang belum juga cair.

"Tidak ada prank. Pada hari ini, Ibu Heriyanti kami undang ke Polda. Perlu digarisbawahi, kami undang, bukan kami tangkap," kata Supriadi saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin.

"Kami undang untuk datang ke Polda untuk memberikan klarifikasi terkait penyerahan dana Rp 2 triliun melalui bilyet giro," ucapnya. Adapun sumbangan Rp 2 triliun diberikan secara simbolis oleh keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021).

Acara penyerahan dihadiri Kapolda dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Sumbangan Rp 2 triliun itu disebutkan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.[Kompas]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda