Beranda / Berita / Kementerian ATR/BPN Dukung Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Kementerian ATR/BPN Dukung Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Jum`at, 16 April 2021 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Pernah mendengar istilah Merdeka Belajar-Kampus Merdeka? Iya, program ini merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Konsep ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di dalam maupun di luar kampus. Dikembangkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan juga pembekalan kepemimpinan.

 Mendukung dan menyambut baik program tersebut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membuka kesempatan magang untuk para mahasiswa melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian ATR/BPN. 

“Kegiatan ini akan memberikan peserta magang pengalaman yang cukup dengan belajar langsung di dunia kerja khususnya pada bidang pertanahan di Kementerian ATR/BPN,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati di Jakarta, Jumat (16/04/2021).

Yulia Jaya Nirmawati juga menyampaikan bahwa dengan magang ini para peserta tidak hanya mendapatkan _hardskill_ seperti keterampilan mengenai pertanahan, problem solving dan analytical skill. Namun juga softskill, seperti bagaimana berkomunikasi, etika baik dalam bekerja maupun bersosialisasi, komunikasi dan juga kerja sama. 

“Tidak hanya membantu Kementerian melaksanakan tugas dan fungsi namun dengan magang peserta akan turun langsung di dunia kerja sehingga mendapatkan experience bagaimana menghadapinya yang seringkali tidak didapat di bangku kuliah,” tambahnya.

“Kami mengajak universitas untuk berpartisipasi dan  memfasilitasi mahasiswanya mengikuti program Kementerian ATR/BPN ini,” ungkap Yulia Jaya Nirmawati.

Pendaftaran program ini dibuka mulai hari ini, 16 April 2021 hingga 17 Mei 2021. Bagi peserta yang berminat dapat mengakses tautan http://ppsdm.atrbpn.go.id untuk mengetahui syarat-syaratnya dan kemudian mendaftar. Kriteria Mahasiswa yang dapat mengikuti magang ini antara lain, terdaftar aktif pada universitas, telah menempuh minimal lima semester, IPK 2.50 dan memiliki etos kerja tinggi.

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian ATR/BPN ini dikoordinasikan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM). 

Peserta magang yang mendaftar akan di seleksi oleh tim seleksi. Peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Tata Ruang, Direktorat Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah dan Direktorat Jenderal Penataan Agraria, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Hubungan Masyarakat, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Pusat Data dan Informasi Pertanahan Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Keyword:


Editor :
Teuku Pondek

riset-JSI
Komentar Anda