Beranda / Berita / Kebijakan Pemerintah Blokir Google Docs Menuai Kritik Pedas dari Pengguna Internet

Kebijakan Pemerintah Blokir Google Docs Menuai Kritik Pedas dari Pengguna Internet

Jum`at, 22 September 2023 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Zulkarnaini

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Twitter dan berbagai platform media sosial dihebohkan oleh kabar tentang pemblokiran layanan Google Docs oleh pemerintah, para pengguna internet respons negatif atas kebijakan itu. 

Keputusan ini menuai kritik pedas dan menyayangkan, mengingat popularitas Google Docs sebagai salah satu alat penting dalam dunia kerja dan pendidikan.

Google Docs, yang telah dikembangkan oleh Google sejak tahun 2006, telah menjadi salah satu layanan utama dalam mengolah dokumen secara online. 

Fungsinya mirip dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara kolaboratif melalui internet. Kemudahan akses dan kerja sama dalam waktu nyata telah membuat Google Docs menjadi salah satu alat yang sangat populer dalam berbagai bidang.

Berikut ini adalah catatan tentang Google Docs yang dinilai bermanfaat sehingga digunakan banyak orang.

1. Bagi tenaga pengajar di berbagai tingkatan lembaga pendidikan 

Dengan fasilitas Google Docs, guru atau dosen dapat membuat form secara online, seperti membuat kuesioner, membuat tes pilihan ganda, atau melakukan penilaian terhadap siswanya secara real- time. 

2. Kolaborasi Real-Time Pengeditan Dokumen

Jika pengguna komputer berada dalam suatu kelompok kerja yang mengharuskan mengedit sesuatu dalam satu laporan kerja, Google Docs akan sangat membantu.

3. Dapat Digunakan di Lebih Satu Perangkat

Banyak perangkat dapat langsung terhubung ke Google Docs. Sangat praktis

4. Tidak Perlu Lagi Banyak Aplikasi

Cukup dengan Google Docs banyak orang dapat langsung melakukan penyuntingan dan penulisan naskah.

5. Langsung Tersimpan Di Drive

Salah satu layanan google yang lain adalah Google Drive. Layanan yang memungkinkan kita menyimpan berbagai jenis file dalam satu akun google. Jangan khawatir jika kalian lupa menyimpan file setelah mengedit dokumen. Mengapa demikian? Karena file akan langsung tersimpan di google drive, sehingga file tidak akan hilang.

6. Komentar dan Catatan

Dalam suatu kolaborasi tim, kalian dapat memberikan komentar atau catatan dalam dokumen tersebut. Hal ini sangat bermanfaat contohnya saat kalian membutuhkan suatu revisi tanpa perlu langsung mengubah dokumen yang salah.

7. Riwayat Revisi

Saat sudah terlanjur mengedit dokumen tanpa melalui fitur komentar ataupun catatan, kalian masih bisa untuk membuka riwayat pengeditan. Selain itu, kalian juga akan tahu siapa yang mengedit dan kapan dokumen itu diedit. 

8. Pengubah Jenis File

Saat perlu untuk mengubah jenis file, mungkin banyak dari kalian akan membuka aplikasi atau situs tertentu. Namun dalam Google Docs kalian dapat langsung mengubah jenis dokumen yang kalian edit sesuai keinginan kalian. 

Layanan Pengolahan Data Google yang lain

Google Sheet : Fungsinya mirip dengan microsoft excel, yakni layanan pengeditan spreadsheet. Biasanya digunakan untuk mengedit data atau angka, dapat juga digunakan dalam membuat laporan keuangan.

Pertama, di ponsel atau tablet Android

Buka dokumen di aplikasi Google Dokumen. Ini praktis bisa dilakukan di mana pun dan menggunakan perangkat keras berupa laptop dan android di perjalanan atau desktop di kantor. 

Kedua, Ketuk Edit

Langsung bisa sunting.

Ketiga, Untuk memilih kata, ketuk dua kali

Pindahkan penanda biru untuk memilih teks lainnya.

Keempat, Mulai mengedit

Langsung dapat kerja menyesuaikan teks dengan standar dan selera.

Kelima, Untuk mengurungkan atau mengulangi tindakan

Klik urungkan atau ulangi

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda