Beranda / Berita / Kapolri Mutasi 473 Personel, Termasuk 7 Kapolda

Kapolri Mutasi 473 Personel, Termasuk 7 Kapolda

Rabu, 29 Maret 2023 11:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru-baru ini melakukan rotasi ratusan personelnya. Dalam rotasi tersebut, tujuh orang di antaranya akan menempati posisi kepala kepolisian daerah (kapolda), sementara tiga lainnya akan menjadi pejabat utama (PJU) Mabes Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa rotasi personel ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, rotasi ini juga dilakukan untuk memberikan pengalaman baru bagi para personel dalam menjalankan tugasnya.

"Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang mutasi," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu (29/3/2023).

Tiga orang yang menjadi pejabat utama Mabes Polri yakni Irjen Fadil Imran yang diangkat menjadi Kepala Baharkam (Kabaharkam) Polri. Sebelumnya, Fadil merupakan Kapolda Metro Jaya.  

Posisi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri akan diisi Komjen Purwadi Ariyanto dan posisi Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Polri diisi Komjen Nanang Chadarusman. 

Sementara itu, di jajaran kapolda, ada Irjen Karyoto yang diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya. Sebelumnya, Karyoto merupakan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi. 

Kedua, Irjen Agus Nugroho dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng). Kapolda Jawa Barat (Jabar) akan dijabat Irjen Akhmad Wiyagus, Kapolda Lampung diisi Irjen Helmy Santika, Kapolda Gorontalo dijabat Irjen Angesta Romano Yoyol, dan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) dijabat Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso. 

Kemudian, Brigjen Pipit Rismanto yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter Bareskrim diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar). 

Adapun mutasi ini berdasarkan empat surat telegram mutasi yang terbit pada tanggal 27 Maret 2023. Dalam surat telegram ST/712/III/KEP./2023, sebanyak 8 personel dimutasi; dalam surat ST/713/III/KEP./2023, sebanyak 155 personel dimutasi; dalam surat ST/714/III/KEP./2023, sebanyak 193 personel dimutasi; dan dalam ST/715/III/KEP./2023, sebanyak 117 personel dimutasi.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda