Beranda / Berita / Jajaran Korem Lilawangsa Suntik Vaksi Anti Difteri

Jajaran Korem Lilawangsa Suntik Vaksi Anti Difteri

Selasa, 13 Februari 2018 12:41 WIB

Font: Ukuran: - +



Tim Denkesyah IM 04.01 dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe memberikan vaksin anti penyakit difteri kepada prajurit dan keluarga jajaran Korem 011/LW (foto:Penrem 011/LW) 



DIALEKSIS.COM | Lhokseumawe - upaya mencegah penyakit Difteri, prajurit dan keluarga jajran Korem 011/LW melaksanakan penyuluhan sekaligus pemberian vaksin anti penyakit difteri yang berlangsung di Gedung KNPI, Lhokseumawe, Senin (12/2). Kegiatan itu bekerjasamz Tim Denkesyah IM 04.01 dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe.

Kasrem 011/LW, Letkol Inf Shofanudin membacakan sambutan Danrem mengingatkan para prajurit juga anggota keluarganya untuk menjaga kesehatan sehingga terhindar dari berbagai bahaya penyakit. Di antaranya melaksanakan olahraga secara rutin. "Mencegah akan lebih baik daripada sudah terindikasi baru mengobati," kata Shofanuddin. 

Sebelumnya Komandan Detasemen Kesehatan (Dandenkesyah) IM 04.01 Letkol Ckm Wawan Supandi, SKM, M. Kes yang diwakili Karumkit TAK IV IM 07.01 Korem 011/Lilawangsa Lhokseumawe Mayor Ckm dr. Subarkat Bangun Satoto, Sp.PK menjelaskan, dilaksanakan penyuluhan dan pemberian vaksin bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman Konprehensif kepada seluruh prajurit dan ASN dan keluarga.

Dijelaskan, penyakit difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheria yang dapat menyebar melalui kontak fisik atau pernapasan. Tanda-tanda gejala awal di antaranya, rada tenggorakan, hilang nafsu makan dan demam ringan dalam 2-3 hari serta timbul selaput putih kebiru- biruan pada tenggorakan dan tonsil.

Tim Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe yang dipimpin dr. Helizar Kabid P2P, mengingatkan bahwa Difteri dapat menimbulkan komplikasi berupa gangguan pernafasan yang berakibatkan kematian. "Maka perlu edukasi kepada semua warga, dan kegiatan vaksi bagi prajurit TNI dan ASNdan kelurga besar Korem, sebagai rangkaian program dari penyuluhan itu," ujar Helizar.

Para kegiatan vaksi difteri diikuti sejumlah Kasi dan Pasi Korem 011/LW, para Komandan/Kepala Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan) jajaran Korem. Sedangkan dari Dinkes Kota Lhokseumawe yang dipimpin dr. Helizar Kabid P2P beranggotakan Erlawati SKM, MMKes Kasie Imunisasi dan Surveilens, serta enam petugas imunisasi. (*)

Keyword:


Editor :
Ampuh Devayan

riset-JSI
Komentar Anda