Beranda / Berita / Inilah Sosok Dito Ariotedjo Menpora Baru, Menteri Termuda di Kabinet Jokowi

Inilah Sosok Dito Ariotedjo Menpora Baru, Menteri Termuda di Kabinet Jokowi

Selasa, 04 April 2023 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Zulkarnaini

Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dito Ariotedjo, seorang politisi muda dari Partai Golkar, dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang telah mundur untuk fokus menjabat Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI.

Dito Ariotedjo adalah seorang kader muda Partai Golkar yang saat ini berusia 32 tahun. Dia lahir pada tanggal 25 September 1990 di Jakarta. Menurut situs resmi Partai Golkar, Dito Ariotedjo menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dito Ariotedjo merupakan putra dari Arie Prabowo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Dia menyelesaikan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Semasa kuliah, dia aktif dalam berbagai organisasi seperti Bendum BEM FH UI, serta HMI Komisariat Hukum UI.

Selain organisasi kemahasiswaan, Dito juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Pelajar Mahasiswa Pembaharuan (GPMP). 

Dia juga pernah menjadi salah satu Ketua HIPMI Jaya dan berkarya pada bidang olahraga sebagai Ketum Pengurus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta.

Dito juga merupakan seorang pengusaha yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad. Dia menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Di dunia politik, Dito Ariotedjo menjabat sebagai Ketum pada salah satu organisasi kepemudaan yakni DPP AMPI pada usianya 26 tahun. Dia juga dipercaya untuk menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas. Hal tersebut menjadikan Dito sebagai Ketua Bidang termuda dalam sejarah Partai Golkar.

Dito juga masuk dalam jajaran tim ahli Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebelum dilantik menjadi Menpora. Kini, Dito Ariotedjo telah resmi menjadi Menpora baru dan tercatat menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Pelantikan Dito Ariotedjo menjadi Menpora baru digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan Menpora sisa jabatan periode 2019-2024. Presiden Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda