Beranda / Berita / Hasil Survey PRC, Alhudri Tertinggi dalam Pilkada Aceh Tengah

Hasil Survey PRC, Alhudri Tertinggi dalam Pilkada Aceh Tengah

Rabu, 07 Agustus 2024 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Baga

Laporan sementara survei pra Pilkada. Foto: doc PRC


DIALEKSIS.COM | Takengon - Sebuah lembaga survey mempublis hasil kerjanya untuk Pilkada Aceh Tengah. Lembaga survey ini menyebutkan, Alhudri berada dipuncak. Dia paling popularitas, akseptable dan kapabel.

Survey yang diakan Poltika Research Consulting pada Juli 2024 ini menyebutkan, 80,7 persen masyarakat Aceh Tengah menyakini Alhudi mampu menjadi pemimpin daerah untuk membawa perubahan.

Dari hasil survey ini, mantan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bertengger diangka 38,4 persen, responden masih menyakininya sebagai pemimpin di negeri penghasil kopi arabika dan kawasan wisata ini.

Mayoritas publik merasa tidak puas terhadap kinerja Bupati- Wakil Bupati sebelumnya. Kepuasan kinerja bupati dan wakil sebelumnya mencapai 33 persen. Mayoritas publik yang menilai kinerja Bupati biasa saja.

Penilaian ini hampir merata di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Atu Lintang, Bies, Kute Panang, dan Laut Tawar, demikian iktisar survei PRC yang diterima Dialeksis.com, Rabu (7/08/2024)

Menurut PRC survei yang mereka lakukan ini melibatkan penduduk berusia minimal 17 tahun dengan proporsi responden laki-laki dan perempuan sebesar seimbang. 

Para responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka (face to face). Perkiraan margin of error dalam survei ini di bawah 5 persen dengan jumlah responden diwawancara sebanyak 420 orang.

Dari hasil survey ini, nama Alhudri berada dalam puncak ingatan warga Aceh Tengah saat ditanyakan ihwal bupati yang bakal dipilih pada Pemilihan Kepala Daerah 2024. 

Jika pilkada digelar hari ini, 37,9 persen warga Aceh Tengah akan memilih mantan Pj Bupati Gayo Lues, mantan Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Diposisi kedua, di bawah Alhudri ada nama Haili Yoga yang meraih 22,9 persen. Selanjutnya ada nama Bardan Sahidi (6,4 persen), Alaidin Abu Abbas (6 persen). Sementara Shabela Abubakar, bekas Bupati Aceh Tengah, hanya dipilih oleh 5,7 persen responden. Dua nama lain, Muchsin Hasan (2,1 persen) dan Firdaus (0,2 persen). 

Alhudri memiliki suara tertinggi dalam simulasi 13 nama survei tersebut. Alhudri dipilih oleh 40 persen responden. Sementara Haili Yoga, merupakan kekuatan yang menyangi Alhudri, persentase Haili mencapai21 persen. Sementara Shabela Abubakar hanya 4,3 persen. 

Survei itu mengungkapkan juga bahwa Shabela Abubakar, bekas Bupati Aceh Tengah, masih menjadi kandidat dengan popularitas paling tinggi, yakni (69,5 persen). Sementara Alhudri menempati urutan kedua, dikenal oleh publik mencapai 64,3 persen.

Menurut hasil survey PRC, popularitas Alhudri tersebar merata hampir di semua kecamatan, kecuali di Kebayakan, Kute Panang, Bebesan, Rusip Antara, Silih Nara, dan Celala. 

Namun walau popularitas Alhudri lebih rendah daripada Shabela, namun tingkat penerimaan masyarakat Aceh Tengah terhadap Alhudri mencapai 83,3 persen. Sementara Shabela hanya 39,0 persen. Demikian hasil survey PRC yang sudah dipublis.[bg]

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda