Beranda / Berita / DPR Dorong Polri Bijaksana Menangani Kasus Rakyat Kecil

DPR Dorong Polri Bijaksana Menangani Kasus Rakyat Kecil

Sabtu, 01 Juli 2023 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Ketua DPR Puan Maharani


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Polri diminta bijaksana dalam menangani berbagai proses hukum. Teruatama yang melibatkan masyarakat kecil. 

“Kami berharap polri mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam menghadapi kasus hukum rakyat kecil," kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Sabtu ( 1/7/2023). 

Kebijaksanaan tersebut sangat dibutuhkan. Sehingga, tidak tercipta sistem hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

“Rakyat kecil yang sangat membutuhkan pengayoman dari penegak hukum,” ungkap dia.

Puan pun menyarankan Polri mengedepankan restorative justice pada kasus tindak pidana ringan yang melibatkan masyarakat kecil maupun rakyat dari kelompok rentan. Seperti yang digaungkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Selain itu, Puan meyakini Polri semakin baik di usia ke-77. Masyarakat sangat berharap dengan profesionalitas Korps Bhayangkara. 

“Masyarakat berharap, polri bisa bekerja secara terbuka, penuh keadilan, dan sigap untuk semua penegakan hukum tanpa perlu menunggu peristiwa viral terlebih dahulu,” sebut dia.

Terkait profesionalitas, Puan juga mengingatkan Polri senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik dalam berbagai dinamika dan tantangan yang ada. Termasuk saat menghadapi tahun politik jelang Pemilu 2024. 

“Dengan profesionalitasnya, saya yakin Polri mampu menjaga tahun politik sehingga Pemilu 2024 bisa berlangsung dengan aman, damai, dan gembira,” ujar dia.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda