Beranda / Berita / Di Perairan Sabang Kapal Kontainer dari Arab Saudi Terbakar

Di Perairan Sabang Kapal Kontainer dari Arab Saudi Terbakar

Minggu, 17 April 2022 07:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Petugas memadamkan api di kapal kontainer. (Foto: Dok. Basarnas Banda Aceh)


DIALEKSIS.COM | Aceh - Kapal kontainer CMA CGM Lisa Marie yang berlayar dari Jeddah, Arab Saudi menuju Port Klang, Malaysia terbakar di perairan Sabang. Kebakaran terjadi di salah satu peti kemas yang ada di atas kapal.

Tim SAR menduga, kebakaran tersebut disebabkan oleh arus pendek. "Salah satu muatan terbakar diduga akibat korsleting listrik," kata Kepala Basarnas Banda Aceh Budiono dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Budiono mengatakan, kapal peti kemas berbendera Malta itu langsung mengaktifkan sinyal darurat begitu melihat adanya muatan terbakar. Tim Basarnas Banda Aceh mendapat informasi kebakaran tersebut dari MRCC Port Klang, Malaysia dinihari tadi.

Petugas SAR meminta kapal itu mendekat ke wilayah Perairan Sabang. Petugas gabungan berangkat ke lokasi dengan KN SAR Kresna serta KN Benggala untuk membantu pemadaman.

"Informasi kebakaran itu diteruskan ke Basarnas Banda Aceh untuk meminta bantuan pemadaman api. Kita langsung bergerak ke lokasi," jelas Budiono.

Menurut Budiono, ketika petugas tiba di lokasi api sudah dapat dipadamkan oleh awak kapal. Namun mereka masih melakukan penyiraman untuk pendinginan.

"Kebakaran hanya terjadi di 3/4 kontainer. ABK dari kapal tersebut berupaya untuk memadamkan api sendiri, dan berhasil," ujar Budiono.

Setelah dipastikan aman, kapal tersebut melanjutkan pelayaran dengan tujuan Port Klang. Sementara tim gabungan kembali ke Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh [detik.com].

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda