Beranda / Berita / BMKG 9 Juli: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di 9 Kabupaten Aceh

BMKG 9 Juli: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di 9 Kabupaten Aceh

Selasa, 09 Juli 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia
Ilustrasi logi BMKG untuk prakiraan cuaca di Aceh. Foto: net

DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk beberapa wilayah di Aceh pada Selasa (9/7/2024) pagi. Peringatan ini dikeluarkan pukul 06:20 WIB dan diperkirakan berlaku hingga pukul 09:00 WIB.

Menurut prakiraan BMKG, beberapa wilayah di Aceh berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang mulai pukul 06:30 WIB. Wilayah-wilayah yang perlu waspada antara lain:

  1. Kabupaten Gayo Lues: Blangkejeren, Kutapanjang, Pining, Blangpegayon, Puteri Betung, Dabun Gelang, Blangjerango, Rikit Gaib, Terangun, Teripe Jaya, dan Pantan Cuaca.
  2. Kabupaten Aceh Tamiang: Tamiang Hulu, Tenggulun, Manyak Payed, Bendahara, Karang Baru, Seruway, Kejuruan Muda, Rantau, Banda Mulia, Bandar Pusaka, dan Sekerak.
  3. Kabupaten Aceh Selatan: Labuhan Haji, Meukek, Samadua, Sawang, Labuhan Haji Timur, Labuhan Haji Barat, dan Kluet Tengah.
  4. Kabupaten Aceh Tenggara: Babussalam, Badar, Darul Hasanah, Lawe Bulan, Ketambe, Deleng Pokhkisen, dan Lawe Sumur.
  5. Kabupaten Aceh Timur: Birem Bayeun, Serbajadi, Rantau Selamat, Simpang Jernih, dan Peunaron.
  6. Kabupaten Aceh Tengah: Linge.
  7. Kabupaten Aceh Barat Daya: Blang Pidie, Tangan-tangan, Manggeng, Susoh, Kuala Batee, Babah Rot, Setia, Jeumpa, dan Lembah Sabil.
  8. Kabupaten Nagan Raya: Kuala, Beutong, Darul Makmur, Kuala Pesisir, Tadu Raya, dan Tripa Makmur.
  9. Kota Langsa: Langsa Timur, Langsa Barat, Langsa Kota, Langsa Lama, dan Langsa Baro.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah-wilayah tersebut untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Masyarakat juga diharapkan untuk terus memantau informasi cuaca terkini melalui situs resmi BMKG di https://nowcasting.bmkg.go.id.

Peringatan ini dikeluarkan sebagai upaya untuk meminimalisir risiko dan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh cuaca ekstrem. Masyarakat diharapkan dapat mengambil langkah-langkah pengamanan yang diperlukan dan tetap tenang dalam menghadapi situasi ini.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda