Beranda / Berita / Amalan dalam Memperingati Isra Miraj 1443 Hijriyah

Amalan dalam Memperingati Isra Miraj 1443 Hijriyah

Minggu, 20 Februari 2022 20:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi Isra Mi'raj 1443 Hijriyah. [Foto: Ist.]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Umat Islam memperingati Isra Mi'raj pada 27 Rajab yang jatuh bertepatan dengan Senin (28/2/2022) mendatang. Perayaan Isra Miraj tahun ini masih dibayangi dengan pandemi Covid-19, khususnya dengan varian baru omicron.

Untuk menyambut Isra Mi'raj 27 Rajab 1443 Hijriyah, berikut amalan-amalan yann bisa Kita lakukan.

1. Memperbanyak istighfar

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan istighfar karena Allah akan mengampuni seberapa pun banyak dosa kita. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore.

2. Berdzikir

Isra Mi'raj dalam sejarah Islam ditandai sebagai malam penuh keajaiban, momen penting sejarah kenabian Nabi Muhammad SAW, sehingga untuk menyambutnya, kita dapat membaca dzikir setiap selesai shalat.

Membaca dzikir tersebut sebagai wujud rasa syukur sekaligus memuji kebesaran Allah SWT dan sekaligus memuliakan Nabi Muhammad SAW.  Ada satu zikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim untuk Nabi Muhammad Saw ketika Rasulullah mengalami peristiwa Isra Mi'raj.

"Laa haula walaa quwwata illa billah"

Artinya: Tidak ada daya upaya kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.

3. Berpuasa

Menjelang Isra Mi'raj bertepatan dengan Puasa Rajab, maka dapat membaca doa Rajab sesuai anjuran Rasulullah SAW sebagai berikut:

"Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya'banaa wa ballighnaa romadhonaa"

Artinya: Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhan.

Dengan puasa Rajab, umat Islam yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala puasa sebulan penuh, dijauhkan dari pintu neraka, dan dibukakan pintu surga.

Shalat sunnah pada malam Isra dan Mi'raj boleh dilaksanakan setelah shalat Maghrib, boleh juga dilaksanakan setelah shalat Isya, sebagaimana dilansir dari bincangsyariah.com. Shalat sunnah sebanyak dua belas rakaat dilaksanakan dengan salam setiap dua rakaat.

Itulah sejumlah amalan Isra Mi'raj. Hal tersebut baik dilakukan untuk memperingati jasa Rasulullah dalam mensyiarkan Islam, juga pengingat bagi umat Muslim untuk selalu taqwa pada Allah SWT. [dbs]


Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda