Beranda / Berita / Aceh Masuk Musim Hujan, BMKG Prediksi Potensi Banjir Tinggi di Akhir Januari 2024

Aceh Masuk Musim Hujan, BMKG Prediksi Potensi Banjir Tinggi di Akhir Januari 2024

Kamis, 25 Januari 2024 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Logo BMKG. Foto: bmkg.go.id


DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi potensi banjir tinggi di sejumlah wilayah Indonesia pada akhir Januari 2024. Empat provinsi yang termasuk dalam kategori risiko tinggi tersebut adalah Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Menurut BMKG, Provinsi Aceh juga telah memasuki musim hujan bersamaan dengan sebagian besar wilayah Indonesia yang mencakup Sumatera Utara, Riau, Jambi, hingga Papua. Kondisi ini diumumkan dalam keterangan resmi BMKG pada Rabu (24/1/2024).

"Wilayah Aceh, bersama dengan sejumlah provinsi lainnya, telah memasuki musim hujan. Saat ini, sekitar 70% wilayah Indonesia telah berada dalam musim hujan menghadapi akhir Januari," tulis BMKG.

Selain mengenai potensi banjir, BMKG juga menyajikan analisis curah hujan pada Dasarian II Januari 2024. Secara umum, Aceh dan sejumlah wilayah lainnya diperkirakan mengalami curah hujan dengan kriteria beragam, mulai dari rendah hingga tinggi.

"Berdasarkan analisis BMKG, Aceh termasuk dalam wilayah yang mengalami curah hujan rendah pada Dasarian II Januari 2024. Prediksi untuk Dasarian III Januari 2024 menunjukkan kecenderungan peningkatan curah hujan, dengan beberapa wilayah di Aceh berpotensi mengalami curah hujan tinggi hingga sangat tinggi," jelas BMKG.

Dalam menghadapi kondisi cuaca yang bervariasi, BMKG mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah yang diprediksi memiliki curah hujan tinggi, untuk selalu waspada dan mengikuti informasi terkini dari BMKG serta otoritas terkait. Waspada dini diharapkan dapat meminimalisir dampak potensial dari perubahan cuaca yang terjadi.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda