Beranda / Berita / 3 Parpol Pengusung Anies Resmi Bentuk Koalisi Perubahan

3 Parpol Pengusung Anies Resmi Bentuk Koalisi Perubahan

Sabtu, 25 Maret 2023 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Anies Baswedan


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Tiga partai politik (parpol) pengusung Anies Baswedan yaitu Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau singkatnya Koalisi Perubahan. 

Peresmian itu disampaikan oleh Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan ketiga partai politik (parpol) itu saat mengumumkan piagam kerjasama antara NasDem, Demokrat, dan PKS di Sekretariat Perubahan, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (24/3/2023). 

Sebenarnya, beberapa bulan terakhir ketiga parpol itu terus menampakkan kedekatannya ke publik. Meski begitu mereka belum secara resmi membentuk koalisi bersama. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, salah satu perwakilan NasDem di Tim Kecil, mengonfirmasi pembentukan itu.

"Dengan ditandatanganinya piagam ini, Koalisi Perubahan untuk Persatuan resmi terbentuk atau dibentuk," jelas Willy di Sekretariat Perubahan, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (24/3/2023). 

Meski begitu, lanjutnya, secara resmi Koalisi Perubahan belum dideklarasikan. Deklarasi resmi akan dilakukan bersama ketika calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan sudah ditentukan. Memang, pada kesempatan yang sama Koalisi Perubahan resmi menyatakan dukungan ke Anies untuk jadi calon presiden (capres) usungan mereka pada Pilpres 2024. 

"Deklarasi itu akan kami lakukan setelah kami melakukan serap aspirasi, komunikasi, dialog, sowan dengan banyak tokoh-tokoh untuk mendapatkan nama calon wakil presiden," ungkap Willy. 

Senada, perwakilan Anies yang juga tergabung dalam Tim Kecil, Sudirman Said, mengatakan pengumuman mereka pada hari ini sebagai penjelas Koalisi Perubahan resmi dibentuk. 

Dengan begitu, kini mereka akan fokus membantu cari cawapres untuk Anies. "Jadi dengan begitu hari ini adalah suatu statement bahwa koalisi cukup untuk mendukung calon, kemudian secara tim terbentuk, sesudah itu tahapan berikutnya memfinalkan pilihan calon wakil presiden pada waktu secara bersama-sama," jelas Sudirman.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda