Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Analisis / Tiga Poros Koalisi Pilpres

Tiga Poros Koalisi Pilpres

Minggu, 18 Februari 2018 20:57 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Peneliti Jaringan Survey Inisiatif, Dr. Rahmat Fadhil menyebutkan poros koalisi pada pilpres 2019 mendatang masih didominasi oleh tiga poros koalisi pasangan capres-cawapres dengan poros koalisi Jokowi, poros Prabowo, dan poros SBY.


Sekenario itu kata Dr. Rahmat Fadhil bila dua poros koalisi dimana poros koalisi Jokowi dan SBY head-to-head dengan poros koalisi Prabowo. Sebaliknya, poros koalisi Jokowi berhadapan dengan poros koalisi Prabowo dan SBY. "skenario lain adalah bergabungnya poros Jokowi dan poros Prabowo melawan poros SBY. " ungkap Dr. Rahmat Fadhil

Terkait Analisis Poltracking Indonesia tentang peta koalisi poros yang akan terjadi pada 2019 disebutkan Dr. Rahmat Fadhil masih ada tiga dimensi kelompok faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih, Agama yang Dianut Kandidat (19.4%), Kinerja dan Pengalaman Kandidat (19.1%), serta Karakter Personal Kandidat seperti Tegas, Santun, dll. (17.7%) adalah tiga faktor latar belakang kandidat yang paling mempengaruhi pilihan publik.

Survei itu menurut Dr. Rahmat Fadhil juga menunjukkan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) (66.4%) menjadi institusi yang paling dipercaya oleh publik, diikuti oleh Presiden (65.2%) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (64.4%). Ketiga institusi tersebut mendapat kepercayaan cukup tinggi dibandingkan dengan institusi lainnya (lebih dari 50-an persen). Hampir mirip, publik menyatakan kepuasannya sebesar (62.2%) kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI), disusul oleh Presiden (57.7%) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (56.0%).
Editor :
Jaka Rasyid

Komentar Anda