Beranda / Advertorial / AIMI Aceh Berikan Tips Cegah Anemia Pada Ibu Menyusui

AIMI Aceh Berikan Tips Cegah Anemia Pada Ibu Menyusui

Rabu, 23 November 2022 23:15 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Naufal Habibi

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Aceh, dr. Niken Asri Utami, Sp. OG (K) - KFM, IBCLC. [Foto: Tangkapan Layar YouTube]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Menyusui bayi banyak manfaatnya. Namun, proses menyusui, apalagi untuk pertama kalinya, tidak selalu mudah. Banyak tantangan yang mungkin harus dilewati ibu. Misalnya, bila ibu menyusui mengalami gangguan kesehatan seperti anemia.

Anemia merupakan kondisi tubuh kekurangan darah yang mengandung hemoglobin. Kurangnya sel darah merah ini mengakibatkan penyebaran oksigen ke seluruh organ tubuh menjadi berkurang. Ibu menyusui, bisa saja mengalami anemia karena kekurangan zat besi saat hamil.

Menurut data WHO pada pada 1993-2005, sebanyak 42 persen ibu hamil yang mengalaminya karena kekurangan zat besi, sehingga tidak heran ketika ibu menyusui, ia bisa mengalami anemia. Meski begitu, ibu menyusui yang mengalami anemia tetap diperbolehkan untuk memberikan ASI pada bayinya. Namun perlu diingat ibu yang terkena anemia harus rutin disuplementasi atau terapi zat besi agar kandungan besi dalam ASI meningkat.

Bila tak segera ditangani, anemia yang diderita Anda akan menghasilkan ASI yang berkualitas rendah dan membuat berat badan bayi juga menjadi rendah. Selain itu, bayi dengan berat badan kurang, akan sulit tidur dan imunitasnya pun akan menurun, bahkan kematian.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Aceh, dr. Niken Asri Utami, Sp. OG (K) - KFM, IBCLC mengatakan anemia pada ibu menyusui dapat menurunkan produksi air susu ibu (ASI). Hal ini dapat dapat berpengaruh pada berat badan bayi tersebut.

"Kalau ibu menyusui  mengalami anemia, otomatis produksi air susu ibu bisa menurun. Artinya produksi ASI yang menurun ini akhirnya mengakibatkan berat bayi jadi rendah," kata dr. Niken, kepada Dialeksis.com, Senin (21/11/2022).

Ia menambahkan ibu menyusui tetap membutuhkan asupan energi yang banyak seperti zat besi dan asam folat. Hal ini didasari untuk mencegah anemia yang berkepanjangan.

Selanjutnya »     "Solusinya, ibu menyusui itu tetap membu...
Halaman: 1 2
Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda