demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / Zakat dan Infak BMA Berdampak Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Zakat dan Infak BMA Berdampak Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Jum`at, 11 Maret 2022 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Sekda Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, didampingi Kepala Sekretariat Baitulmal Aceh, Rahmad Raden, S.Sos mengikuti zikir dan doa bersama memohon dijauhkan dari wabah dan bencana Covid-19, yang diikuti secara virtual oleh seluruh ASN Pemerintah Aceh, di Kantor Sekretariat Baitul Mal Aceh, Banda Aceh, Jumat (11/3/2022). [Foto: Humas Aceh]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Penyaluran zakat dan infak yang dilakukan Baitul Mal Aceh (BMA) memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu di Bumi Serambi Mekkah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mustahik BMA saat mengikuti zikir dan doa rutin Pemerintah Aceh bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, di Kantor BMA, Jumat (11/3/2022).

Siti Rahmah Nduru, penerima beasiswa penuh muallaf mengaku pendidikan yang ia jalani sejak di bangku sekolah sampai di perkuliahan saat ini, dibiayai semuanya oleh Baitul Mal Aceh. Kata Siti, berkat beasiswa tersebut ia memiliki kesempatan untuk merantau, melanjutkan pendidikan tinggi dan fokus mengembangkan bakatnya di cabang Muaythai.

“Alhamdulillah saya berhasil memenangkan sejumlah penghargaan, prestasi terbaru saya adalah medali emas di Kejurnas Liganas Muaythai 2022,” kata Siti.

Ia berterimakasih atas beasiswa yang diterimanya itu dan berharap semakin banyak orang yang membayar zakat, sehingga akan lebih banyak lagi mahasiswa yang terbantu melalui beasiswa.

Hal senada juga disampaikan pelaku usaha fashion, Dahlia Nora. Ia masuk sebagai mustahik penerima modal usaha.

Ia mengatakan, kelompok usahanya mendapatkan bantuan modal Rp50 juta dari Baitul Mal Aceh. Dengan modal tersebut mereka dapat meningkatkan jumlah alat produksi.

“Sebelum mendapatkan bantuan, kami cuma punya satu mesin jahit, modal juga dari pinjaman. Alhamdulillah, berkat modal usaha ini kami dapat meningkatkan kondisi ekonomi anggota kelompok yang berjumlah enam orang," kata Dahlia.

Ia begitu bersyukur mendapatkan bantuan tersebut. Ia berharap orang yang membayar zakat di Aceh dapat terus meningkat, sehingga lebih banyak lagi kelompok usaha yang mendapatkan bantuan.

Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, mengajak semua kalangan yang telah mencukupi nisabnya untuk menyalurkan zakat dan infaknya. 

"Penyaluran zakat dan infak dapat dilakukan dengan mendatangi langsung Kantor Baitul Mal. Masyarakat juga dapat menyalurkan zakat melalui mobile banking, Qris code dan ATM Bank Aceh," jelas Rahmad.

Sementara itu, Sekda Aceh Taqwallah, juga mengajak seluruh ASN yang mengikuti zikir untuk berinfak dan membayar zakat lewat Baitul Mal. Dana tersebut nantinya akan disalurkan kepada mustahik yang layak menerimanya.

Pada kesempatan tersebut Sekda juga berterimakasih kepada Anggota Badan Baitul Mal, Dewan Pengawas dan seluruh ASN yang telah bekerja keras dalam mengawasi dan mengurus zakat masyarakat. Ia mengatakan, kerja keras mereka bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. [HA]

Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda