Logo Dialeksis
ISBI dan Asrizal Pan
Beranda / Berita / Aceh / Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, FKIP Abulyatama Jalin MoU Dengan Gampong Lamujong

Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, FKIP Abulyatama Jalin MoU Dengan Gampong Lamujong

Rabu, 29 Januari 2020 13:02 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: 

DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Abulyatama dan Gampong Lam Ujong menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama (MoU) di Taman Baca Rumah Lentera Gampong Lam Ujong, Kecamatan Baitusalam, Aceh Besar, Selasa (28 /1/ 2020).

Momen penandatanganan MoU ini dalam rangka memperingati Hari Literasi Nasional yang mengusung tema “ Literasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa”. Nota Kesepahaman MoU ini ditanda tangani oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Kepala Desa Gp. Lam Ujong. Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Anggota DPRA Aceh, Teuku Irwan Djohan, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Besar, Muhibuddin Anggota Komisi V DPRK Aceh Besar dan juga sejumlah Dinas terkait diwilayah kerja Aceh Besar. 

Kepala UPT PPL FKIP Unaya, Ema Dauyah dalam keterangannya kepada awak media menyampaikan kerjasama ini merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Para civitas akademika FKIP Unaya nantinya bisa melakukan berbagai program di Gampong Lam Ujong seperti Peningkatan Sumber Daya Manusia, Penelitian, Program Pembelajaran Bahasa Inggris, Program Membaca Cepat, dan berbagai kegiatan lain," ujar Ema

Sementara itu, Dekan FKIP Dr. Akhyar, M.Si dalam sambutannya menyebutkan penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah bukti nyata pengabdian civitas akademika Universitas Abulyatama kepada masyarakat terutama masyarakat Gp. Lam Ujong, Aceh Besar. 

"Kerjasama ini, akan dilakukan beberapa program nyata seperti aktualisasi Bulan Literasi, pendampingan belajar dan seni kepada anak-anak Gp. Lam Ujong serta kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya," kata Dr Akhyar.

Komisi V DPRK Aceh Besar Muhibuddin yang hadir di acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang disampaikan Dekan FKIP Unaya itu. Pria yang juga dikenal dengan panggilan 'Ucok Sibreh' itu menyampaikan siap mendukung semua program yang akan dilakukan terutama terkait dengan program Bulan Literasi. Beliau berharap yang nantinya beliau berharap diakhir program ini akan diadakan lomba literasi seperti lomba merangkum.

"Pemerintah Aceh Besar siap untuk menyediakan hadiah bagi peserta lomba yang berprestasi. Sehingga anak-anak Gp. Lam Ujong dapat termotivasi mengikuti seluruh program yang ada" sebut Muhibuddin.

Hal senada disampaikan anggota DPRA Aceh T. Irwan Djohan yang dalam sambutannya mengatakan minat baca anak-anak perlu dikembangkan mengingat kemampuan membaca anak-anak indonesia teutama anak-anak Aceh sangatlah rendah. 

"Dengan makin gencarnya perkembangan teknologi, penggunaan alat digital seperti smartphone dan tablet perlu dipertimbangkan sebagai media baca sehingga minat membaca tetap bisa ditumbuhkembangkan pada anak-anak dan remaja," ucap Irwan Djohan

Disela-sela sambutannya, Teuku Irwan Djohan juga menyatakan kesiapannya dan Pemerintah Aceh untuk membantu FKIP Universitas Abulyatama, dengan adanya bantuan tersebut dapat mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa. Dalam kesempatan ini juga, Teuku Irwan Djohan, meresmikan Sumur Bor yang akan bisa dimanfaatkan untuk pengadaan air bersih bagi masyarakat Gampong Lam Ujong. 

Kerjasama dan program Literasi antara FKIP Universitas Abulyatama dan Gp. Lam Ujong ini disambut baik oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Besar Ibu Anita, SKM, berharap FKIP Abulyatama dapat juga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Aceh Besar sehingga kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat juga dilaksanakan di desa-desa yang lain. Dalam waktu dekat ini, beliau berharap FKIP Universitas Abulyatama segera dapat membuat Nota Kesepahaman dengan Dinas. (Im)



Editor :
Im Dalisah

hendra dan nasdem
muslahuddin dan PPP ikhsanuddin
pengairan dan golkar
Komentar Anda
Dinas pertanahan 1