dinas pendidikan ramamdhan
Beranda / Berita / Aceh / Warga Aceh Perantau Gelar Pengukuhan Ketua TIM Cabang Pasar Kemis Tangerang

Warga Aceh Perantau Gelar Pengukuhan Ketua TIM Cabang Pasar Kemis Tangerang

Minggu, 28 Februari 2021 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Ketua TIM Cabang Pasar Kemis (dua dari kanan) Hasanuddin usai pengukuhan dan peusijuek


DIALEKSIS.COM | Banten - Warga Aceh yang menetap di Gebang Raya, Periuk, Tangerang dan sekitarnya, malam tadi menggelar acara "Pengukuhan Ketua dan pengurus Taman Iskandar Muda (TIM) Cabang Pasar Kemis," acara pengukuhannya ditandai dengan "Peusijuek," (menepung tawari) ketua terpilih yaitu Bpk Hasanuddin Sabtu (27/2/2021).

Hasanuddin yang baru saja dikukuhkan sebagai Ketua TIM Cabang Pasar Kemis periode 2021-2025 adalah seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) aktif, Ia saat ini merupakan anggota kodim 0506, Tangerang.

Tgk Zainuddin guru pengajian setempat mendapat kepercayaan melakukan Peusijuek ketua terpilih dan seluruh pengurus TIM Cabang Pasar Kemis, sebut Tarmizi Age.

Peusijuek merupakan adat budaya Aceh yang sudah turun-temurun, peusijuek ini biasanya dilaksanakan saat acara-acara sakral terutama yang bersifat keberuntungan, ujar Tarmizi Age.

Tgk Zainuddin dalam amanatnya menyampaikan, semoga Allah merahmati persatuan dan pengukuhan Ketua dan Pengurus TIM Pasar Kemis malam ini, dan dimudahkan segala urusannya kedepan.

Pengukuhan dan Peusijuek ketua serta pengurus TIM Cabang Pasar Kemis, yang dilaksanakan di Meunasah Aceh Gebang Raya, turut dihadiri sejumlah ketua dan pengurus TIM Cabang Se-Tangerang, ketua Majas dan ATRA.

Namun tidak nampak ada pengurus TIM pusat yang hadir, begitu kata salah satu sumber yang tidak maudisebut namanya.

Hasanuddin dalam pidato perdana sebagai ketua TIM Cabang Pasar Kamis dihadapan warga Aceh dan tamu yang hadir menegaskan, sesuai apa yang pernah disepakati sebelum ini, Ia siap menahkodai TIM Cabang Pasar Kemis, jika semua anggota dan masyarakatnya maukompak dan bersatu, katanya.

Beberapa ketua Cabang TIM Cabang lainnya ikut mendapat kesempatan berbicara di acara pengukuhan tetsebut, salah satunya ketua TIM Cabang Cikupa, Tangerang, H Fadhli.

Dalam sambutannya, Fadhli mengatakan penting untuk sebuah organisasi menjalankan kerja sesuai ADRT serta menyusun struktur kepengurusan sesuai kebutuhan organisasi.

Fadhli mengisahkan pengalamannya mengetuai TIM Cikupa empat periode, mendapati bahwa sangat penting sebuah organisasi diisi oleh personil-personil yang mau bekerja keras.

"Menempatkan orang-orang sesuai kebutuhan organisasi dan SDM yang dimiliki, itu antara yang paling penting, sehingga langkah dan kemajuan organisasi bisa dicapai sesuai yang di inginkan," katanya.

Acara mengukuhan Ketua dan pengurus TIM Cabang Pasar Kemis, yang diawali dengan Peusijuek, ikut diisi dengan tausiah oleh Tgk Zubir dari Semanan, Kalideres.

Tgk Zubir dalam tausiahnya menyampaikan, agar pengukuhan  ketua TIM dan pengurus ini bisa menjadi kekuatan, kekompakan dan kesuksesan bagi orang Aceh khususnya dan Indonesia umunya.

Nenek moyang di Aceh telah berhasil mencatat namanya dengan tinta emas atas usaha dan kerja kerasnya, maka kehadiran semua pihak hari ini dan kedepan, kalau pun tidak bisa sebanding dengan mereka, namun kita tidak menjadi perusahaan sejarah, perusak terhadap apa-apa yang telah di toreh oleh pendahulu (Endatu) orang Aceh.

Prosesi pengukuhan Ketua dan pengurus TIM Cabang Pasar Kemis di tutup dengan doa oleh Tgk Zainuddin, pungkas Tarmizi Age. 

Keyword:


Editor :
Fira

kesbangpol
riset-JSI
esdm ramadhan
Komentar Anda