Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Unsyiah Gelar Konferensi Internasional AICMSTE

Unsyiah Gelar Konferensi Internasional AICMSTE

Senin, 16 September 2019 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menggelar konferensi internasional Annual International Conference on Mathematics, Science and Technology Education (AICMSTE) mulai tanggal 14 – 15 September 2019. Kegiatan yang mengangkat tema “Enacting STEM Education for Digital Age Learners”  ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir di Aula FKIP Unsyiah, Darussalam. (Sabtu, 16/9).

Hizir dalam sambutannya mengatakan, Unsyiah memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya konferensi internasional ini. Pelaksanaan AICMSTE ini diharapkan bisa turut meningkatkan kualitas akademik Unsyiah.

Hizir menilai, STEM Education merupakan salah satu pendekatan dalam dunian pendidikan yang sangat menantang, khususnya dalam upaya mengembangkan pemikiran yang kritis dan kreatif untuk generasi saat ini. Oleh karena itu, tema konferensi internasional ini juga  sangat relevan dengan visi dan misi Unsyiah, yang akan melakukan studi mendalam dan terus-menerus terkait dengan pembelajaran STEM Education.

“Semoga hasil dari kegiatan ini akan memberikan pemikiran, ide dan energi baru bagi kita semua untuk meningkatkan kondisi Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya di bidang Pendidikan STEM,” ucapnya.

Selanjutnya, Hizir berharap bahwa materi yang disajikan oleh keynote speakers dan presenter di kelas paralel menghasilkan international proceedings yang diindeks Scopus. Dan materi tersebut bisa memberikan pengetahuan serta pengalaman baru bagi peserta, sehingga bisa diimplementasikan dalam pengembangan akademik di Unsyiah.

Chairman of AICMSTE Dr. M. Hasan, M.Si menjelaskan, konferensi ini diikuti sebanyak 163 orang yang terdiri dari 140 presenters dan 31 non-presenters. Mereka berasal dari beberapa negara yaitu Jepang, Australia, Inggris, Malaysia dan Indonesia. Dengan latar yang  beragam seperti mahasiswa, dosen, peneliti dan profesor.

Selain itu, konferensi internasional ini juga menghadirkan sejumlah pakar STEM Education dari luar negeri. Mereka adalah Prof. Dr. Junichi Tanaka dari Ryukyu University, Japan. Prof. Dr. Muhammad Sattar Rasul dari Universitas Kebangsaan Malaysia, Prof. Dr. Allan White, Ph.D dari Universty of Westren Sydney, Prof. Dr. Munirah Ghazali dari Universitas Sains Malaysia.

Lalu hadir pula sebagai keynote speakers Dr. Moondra Zubir dari Universitas Negeri Medan dan Emma Hankinso dari Oxford Brookes University, UK.

Hasan mengungkapkan, peserta konferensi ini akan mendapatkan coaching clinic tentang Publikasi IOP yang terindeks Scopus. Untuk itulah, Hasan berharap semua peserta bisa memanfaatkan dengan baik konferensi ini untuk pengembangan kompetensinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dekan FKIP Unsyiah Prof. Dr. Djufri, M.Si. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unsyiah Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech,  dan Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah Prof. Dr. Adlim, M.Sc. (pd/rel)

Editor :
Pondek

Komentar Anda