distanbun 10
Beranda / Berita / Aceh / Kenali Sejarah Aceh Lebih Jauh, Mahasiswa Seluruh Indonesia Belajar Mengenai MoU Helsinki

Kenali Sejarah Aceh Lebih Jauh, Mahasiswa Seluruh Indonesia Belajar Mengenai MoU Helsinki

Senin, 28 November 2022 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


[Foto: For Dialeksis]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 tahun 2022 inbound Universitas Muhammadiyah Aceh mengikuti talkshow perdamaian Aceh di Aula KNPI Kota Banda Aceh pada Sabtu, (26/11/2022).

Dalam rilis yang diterima Dialeksis.com, Senin (28/11/2022), Kegiatan tersebut merupakan salah program modul nusantara yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Mereka yang hadir berasal dari kampus di Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Nusa Tenggara.

Acara yang diangkat tema keberlanjutan pembangunan perdamaian Aceh tersebut diisi oleh dua orang pemateri Munawar Liza Zainal dan Jamaluddin. 

Diketahui, Munawar Liza Zainal merupakan anggota tim perunding GAM di Helsinki Finlandia yang juga mantan walikota Sabang. Munawar memaparkan mulai dari sejarah Aceh, sejarah konflik Aceh hingga terwujudnya perdamaian pada tahun 2005. Untuk diketahui juga Aceh dilanda konflik kurang lebih 30 tahun sebelum damai.

Perdamaian Aceh melahirkan Nota Kesepahaman Helsinki, Pemerintah Indonesia mengesahkan UU nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. 

Selanjutnya »     Undang-Undang Pemerintahan Aceh sendiri ...
Halaman: 1 2
Keyword:


Editor :
Alfatur

distanbun 11
riset-JSI
Komentar Anda