Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Rizky Sopya Raih Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019

Rizky Sopya Raih Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019

Senin, 09 Desember 2019 18:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Proses Seleksi "Pendamping PKH Teladan dan Inspiratif Aceh 2019" oleh Dinas Sosial Aceh. [Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pendamping PKH (program keluarga harapan) Kementerian Sosial di Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Rizky Sopya S.Pd., berhasil meraih nilai tertinggi pada seleksi "Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019" yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Aceh.

Hasil seleksi tersebut diumumkan saat penutupan Kegiatan Pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) Angkatan III Tahun 2019 yang digelar Dinas Sosial Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh pada Sabtu (7/12/2019) malam. 

Pengumuman tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinsos Aceh, Drs H Alhudri, MM., yang didampingi para pejabat di lingkungan Dinsos Aceh, para undangan beserta 160 peserta kegiatan yang datang dari semua daerah Kabupaten/Kota se-Aceh. 

"Alhamdulillah, sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi kami. Apresiasi ini bukan untuk saya sendiri. Melainkan, buat semua pendamping PKH Kota Banda Aceh yang bergerak dengan santun, penuh integritas dan professional", ujar Rizky di Banda Aceh, Senin (9/12/2019) siang. 

Seleksi tersebut, ujar Rizky selanjutnya, dilakukan Dinsos Aceh pada awal November 2019. Sedangkan tim juri seleksi terdiri dari 3 pejabat Dinsos Aceh, 1 asesor, 1 pemerhati anak, penasihat khusus Gubernur Aceh bidang sosial dan 2 orang Koordinator wilayah PKH Aceh. 

Dalam pengantar pengumuman hasil seleksi itu, panitia mengungkapkan 3 kriteria utama. Yaitu, terlibat aktif dalam upaya pengentasan masalah sosial, mampu bekerjasama dengan banyak pihak dan memiliki inovasi dalam bergerak di masyarakat. 

Lembaga Pendidikan dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nangroe) Aceh yang didirikan Rizky bersama sang suami, Ahmad Arif, merupakan salah satu wadah bagi Rizky dalam melakukan inovasinya itu. Berbagai kegiatan disinergikannya sehingga mendapatkan penerima manfaat yang lebih membutuhkan. 

Sebagai contoh, mayoritas murid Sekolah PAUD RUMAN Aceh yang dikhususkan bagi kaum dhuafa dan rentan secara sosial ekonomi adalah anak keluarga penerima PKH dari beberapa Kecamatan di Banda Aceh dan Aceh Besar. 

Dinsos Aceh memberikan nilai tertinggi kepada Rizky yang disusul dua pendamping lainnya. Yaitu, Ade Oscar, pendamping PKH Kabupaten Aceh Utara dan Eka Damayanti, Pendamping PKH Kabupaten Pidie. 

"Selamat kepada para peraih nilai tertinggi seleksi dan kiranya menjadi inspirasi serta stimulus bagi para pendamping lainnya untuk semakin baik dalam mendampingi masyarakat di daerah masing-masing", ungkap Alhudri, Kepala Dinsos Aceh. 

Sebagai informasi, hadiah penghargaan "Pendamping Teladan dan Inspiratif Aceh 2019" akan diberikan oleh Plt. Gubernur Aceh pada puncak peringatan HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) tahun 2019 tingkat Provinsi Aceh yang akan dihelat pada bulan Desember ini. (aa)


Editor :
Indri

IMBI aceh
riset-JSI
Komentar Anda