Caleg
Beranda / Berita / Aceh / Resmikan Terminal B, Bupati Sarkawi: Transportasi Jadi Modal Utama Pembangunan

Resmikan Terminal B, Bupati Sarkawi: Transportasi Jadi Modal Utama Pembangunan

Kamis, 04 Maret 2021 23:40 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Diskominfo Kabupaten Bener Meriah

DIALEKSIS.COM | Redelong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Aceh karena telah menyahuti harapan masyarakat Bener Meriah untuk memiliki terminal penumpang Tipe B.

Hal ini disampaikan Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi saat meresmikan pemakaian terminal B dan terminal angkut barang yang berlokasi di Kampung Ketipis, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, Aceh, Kamis (4/3/2021)

Bupati dalam arahannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah mewujudkan keinginan Pemkab Bener Meriah untuk memiliki terminal penumpang Tipe B, yaitu yang berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaaan (ADES) di Kabupaten Bener Meriah.

“Hari ini momen spesial untuk Bener Meriah dengan diresmikannya terminal Tipe B Ketipis. Terminal ini bagi kami sangat penting telah difungsikan. Kami berterimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh yang telah menyahuti harapan dari kita di Kabupaten Bener Meriah. Berkat koordinasi dan komunikasi kita melalui Kadis Perhubungan Bener Meriah dengan Pemerintah Aceh, akhirnya terminal ini bisa beroprasi yang dulunya terminal ini bertipe C dan beralih ke tipe B," tutur Bupati.

Bupati Tgk. H. Sarkawi menerangkan, poin penting yang tidak disadari oleh kita adalah bahwa Bener Meriah itu adalah pintu gerbang untuk menuju Gayo. 

"Ini, yang jarang dieksplor, jarang dioptimalkan posisinya. Harus digali bahwa Bener Meriah adalah pintu gerbang menuju Gayo. Di Bener Meriah kita punya Bandara Rembele yang juga menjadi syarat paling penting untuk saat ini menuju Gayo," tegas Bupati.

Lebih jauh disampaikan Bupati, transportasi sangat penting, modal utama untuk pembangunan adalah transportasi, pembangunan tidak akan berjalan kalau transportasinya tidak berjalan maksimal. Transportasi tersebut kata Bupati adalah terminal. 

"Tanpa terminal, transportasi akan susah untuk dikoordinasikan, akan susah untuk dimobilisasi. Terminal ini makanya harus terbit, upgrade statusnya. Kalau saat ini terminal yang dimiliki Bener Meriah Tipe B ke depan kita harapkan naik menjadi Tipe A,” pinta Bupati Bener Meriah.

Bupati juga menyadari, awal-awal perubahan terminal ini nantinya akan ada sedikit dinamika, ada sedikit problem-problem kecil yang masih harus diperbaiki, dirapikan. Maka dari itu, Bupati meminta kepada Kadis Perhubungan Bener Meriah terus melakukan koordinasi dengan Organda, Ekspedisi, dan semuanya agar terminal ini bisa berjalan dengan baik. Tentu, kata Bupati, ada hal-hal yang akan berubah sedikit-demi sedikit nantinya, dan secara pelan-pelan bisa sama-sama disesuaikan, dan diperbaiki.

“Tidak mungkin sekali pindah langsung semuanya bisa sempurna. Kita juga meminta dinas terkait untuk melakukan perbaikan akses-akses jalan untuk menuju terminal ini, sehingga yang akan menuju ke terminal ini tidak ada keluhan, semuanya dapat berjalan dengan lancar,” harap Tgk. H. Sarkawi.

Untuk angkutan udara kata Bupati, bahwa dirinya kemarin sudah menanda tangani pengajuan penambahan rute pesawat, adapun penambahan rute penerbangan yang diminta oleh Bupati adalah Bener Meriah ke Banda Aceh tambah jadwal Bener Meriah ke Sabang, Bener Meriah ke Aceh Tenggara. 

“Yang sudah ada saat ini ucap Bupati Bener Meriah ke Banda Aceh sekali seminggu. Saya sudah minta tambah agar rute tersebut dapat ditambah,” sampai Bupati. (BM)

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda