Beranda / Berita / Aceh / Prodi EKP FEB USK Gandeng Kandidat PhD Harvard University Gelar Workshop Internasional

Prodi EKP FEB USK Gandeng Kandidat PhD Harvard University Gelar Workshop Internasional

Selasa, 09 Juli 2024 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

 Xinmei Yang, seorang kandidat PhD dalam bidang ekonomi dari Harvard University, memaparkan pentingnya big data dan machine learning dalam berbagai bidang serta aplikasinya dalam ekonomi. Foto: for Dialeksis

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Program Studi Ekonomi Pembangunan (EKP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar workshop internasional bertajuk "Machine Learning for Big Data and Its Applications in Economics" pada Selasa (9/7/2024) di Ruang Diklat FEB USK.

Ketua Jurusan Prodi EKP, Dr. Taufiq C. Dawood, M.Ec. Dev., menyatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk memperluas wawasan peserta tentang metode baru dalam machine learning dan big data untuk keperluan riset dan pembelajaran.

"Direncanakan ke depan akan ada workshop lanjutan agar dosen dan mahasiswa dapat dibekali dengan metode riset ekonomi yang terkini," ujar Dr. Taufiq.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Dr. Faisal, S.E., M.Si., M.A., dalam sambutannya, menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran Xinmei Yang sebagai narasumber. Ia berharap para peserta dapat menambah wawasan mereka melalui workshop ini dan membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut di masa mendatang.

Narasumber utama, Xinmei Yang, seorang kandidat PhD dalam bidang ekonomi dari Harvard University, memaparkan pentingnya big data dan machine learning dalam berbagai bidang serta aplikasinya dalam ekonomi. 

Xinmei menjelaskan bagaimana machine learning dapat digunakan untuk inferensi kausal dalam ekonomi makro dan keuangan, serta penyelesaian model Keynesian agen heterogen baru dengan pembelajaran mesin. Topik-topik lain yang dibahas termasuk analisis layout, OCR, dan pencocokan visual. 

Ia menekankan bahwa deep learning dapat meningkatkan kemampuan untuk memproses data ekonomi yang tidak terstruktur dengan membuka sumber data tradisional yang tidak dapat didigitalkan secara manual dan mengubah berbagai jenis informasi menjadi data terstruktur.

Selain pemaparan teoretis, workshop ini juga menyediakan sesi praktik langsung. Peserta diberi kesempatan untuk mencoba berbagai aplikasi machine learning, seperti digitalisasi gambar menggunakan Layout Parser, analisis gambar satelit, dan analisis sentimen menggunakan BERT. 

Dalam sesi praktik, peserta dapat menjalankan dan mengedit kode untuk memahami lebih dalam tentang penerapan machine learning.

Workshop ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai fakultas di Universitas Syiah Kuala, Universitas Teuku Umar, dan instansi pemerintahan Aceh. 


Acara ini berhasil menarik perhatian para akademisi, peneliti, dan praktisi yang tertarik dengan inovasi dalam machine learning dan big data, serta diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu ekonomi dan teknologi di Indonesia.[]

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

kip
riset-JSI
Komentar Anda