Beranda / Berita / Aceh / Pj Bupati Iswanto Pimpin Pembersihan Pasar Lambaro dari Atas Damkar

Pj Bupati Iswanto Pimpin Pembersihan Pasar Lambaro dari Atas Damkar

Senin, 13 Februari 2023 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, beserta rombongan aparatur Pemkab Aceh Besar melakukan aksi bersih – bersih melalui kegiatan satu jam memungut sampah di Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (12/2/2023). (Foto: Humas Aceh Besar)


DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto beserta aparatur Pemkab Aceh Besar melakukan aksi pembersihan melalui kegiatan satu jam memungut sampah di Pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (12/2/2023).

Orang nomor satu di Aceh Besar itu tampak memasuki kawasan pasar dengan membawa dua unit mobil damkar. Dari atas mobil tersebut, ia memimpin pembersihan dan memberikan arahan ke sisi mana saja perlu disomprotkan air bersih agar semua sisa sampah dari daging dan ikan tidak tertinggal.

Selain para ASN Aceh Besar, pembersihan tersebut juga dibantu unsur Muspika Ingin Jaya, tim kebersihan pasar dan para pelaku usaha di pasar Lambaro.

Usai pelaksanaan kegiatan bersih-bersih,Iswanto menjelaskan, kegiatan itu dilakukan sebagai sosialisasi pentingnya kebersihan pasar dan upaya Pemkab Aceh Besar menyiapkan lokasi pasar yang indah dan nyaman. 

"Aksi pembersihan pasar ini akan dilakukan Pemkab Aceh Besar secara rutin dan berkala, guna meningkatkan kebersihan sehingga saat bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya nanti, pasar ini lebih nyaman dikunjungi masyarakat di Aceh Besar dan Banda Aceh," kata Iswanto.

Menurut Iswanto, menghadirkan pasar yang bersih dan nyaman tidak mungkin mampu dilakukan oleh petugas kebersihan saja, tanpa dukungan penjual dan pembeli. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan ketertiban pasar. 

"Bila pasar bersih dan tertib, InsyaAllah masyarakat kawasan Banda Aceh dan Aceh Bessr akan semakin ramai mengunjungi pasar Lambaro, dan ini juga untuk lebih menggeliatnya transaksi dan denyut ekonomi," ujar Iswanto.

Iswanto menjelaskan, aksi bersih pasar Lambaro itu merupakan bagian dari aksi 1 jam bersih sampah di kawasan wisata. Awalnya pembersihan dilakukan dengan peralatan seadanya. Namun karena kebersihan belum maksimal, dua damkar dikerahkan kembali agar lebih bersih. 

"Usai mengerahkan tim di pasar Minggu pagi tadi, kemudian bakda zuhur kembali dilanjutkan, karena aksi bersih satu jam kurang maksimal, dengan menggunakan armada damkar saya bersama tim kembali ke pasar untuk memaksimalkan pembersihan," ujar Iswanto.


Salah satu pedang pasar Lambaro, Ahmad, mengaku terkejut dengan aksi berish-bersih yang dilakukan langsung oleh Pj Bupati Aceh Besar. Ia menyatakan dukungannya terhadap aksi tersebut, dan siap mengikuti ajakan Pj Bupati untuk menjaga kebersihan pasar. 

"Tentunya senang melihat pemimpin kami turun langsung ke lapangan, kami siap mendukung kebersihan pasar ini," kata Ahmad.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda