Beranda / Berita / Aceh / Pesantren Teknologi MSBS Lauching Kartu Digital Santri

Pesantren Teknologi MSBS Lauching Kartu Digital Santri

Kamis, 13 Juni 2024 22:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Launching Kartu Digital Santri (MSBS Cards) yang diinisiasi oleh Pesantren Teknologi MSBS Jantho, Kamis (13/6/2024). [Foto: Disdik Aceh]


DIALEKSIS.COM | Jantho - Pesantren Teknologi MSBS Jantho telah menghadirkan inovasi digital dalam lingkungan pesantren, dengan melauching Kartu Digital Santri (MSBS Cards), sebagai sistem digital yang menghubungkan santri dengan walinya. 

Peluncuran MSBS Cards dilaksanakan pada Kamis (13/6/2024) di Aula Masjid Jami MSBS, dan diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Aceh, Martunis, S.T., D.E.A. Tujuan pelauchingan MSBS Cards adalah untuk mengkampanyekan penggunaan digitalisasi di Pesantren Teknologi MSBS, baik oleh santri maupun masyarakat Pesantren.

Kadisdik Aceh Martunis, S.T., D.E.A., menyambut baik langkah Pesantren Teknologi MSBS ini. Bahkan Martunis menyebut akan mengirimkan tim programmer, untuk mempelajari konsep yang diterapkan MSBS, yang nantinya bisa diaplikasikan keseluruhan sekolah di Aceh.

"Hari ini kami sangat bangga, berada di Pesantren Teknologi MSBS yang menjadi pioneer penyelenggaraan digitalisasi di Pesantren. Dari MSBS ini, kami akan melihat inspirasi apa yang bisa kita ambil, yang nantinya mungkin bisa kita tularkan ke delapan ratus dua puluhan satuan pendidikan di Aceh. Dinas Pendidikan punya kebijakan untuk menggabungkan 5 pentahelix, yakni siswa, guru, orang tua, sekolah dan komunitas. Artinya ada kesamaan visi Pesantren Teknologi MSBS ini dengan kami, yang Inshaa Allah untuk memajukan pendidikan di Aceh," ucap Martunis.

Kadisdik Aceh Martunis, S.T., D.E.Ameresmikan peluncuran MSBS Cards (kartu digital siswa) yang diinisiasi oleh Pesantren Teknologi MSBS pada Kamis (13/6/2024). [Foto: Disdik Aceh]

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Teknologi MSBS, Abi Gunawan Indra H, M.A., dalam sambutannya mengatakan, MSBS Cards hadir sebagai jawaban atas masukan dan keluhan para wali santri selama ini. Dimana mayoritas masukan, adalah bagaimana Pesantren Teknologi MSBS bisa menghubungkan berbagai rutinitas santri di pesantren dengan walinya, secara real-time. Baik aktivitas belajar, peraihan prestasi, kehadiran dalam kegiatan, sampai penggunaan keuangan untuk transaksi digital santri. 

"Inisiasi kami menghadirkan MSBS Cards adalah untuk memenuhi seluruh permintaan wali santri kami. Satu kartu tiap santri akan mengakumulasi seluruh kegiatan santri, yang dapat dipantau secara langsung real-time oleh walinya dari kampung halaman, hanya lewat aplikasi. Dengan penggunaan MSBS Cards ini, Alhamdulillah orang tua sudah terkoneksi dengan anaknya," jelas Abi Gunawan.

Untuk diketahui bersama, Pesantren Teknologi MSBS Jantho adalah satu-satunya Pesantren Teknologi di Aceh, dan telah meraih predikat sebagai Pesantren Unggulan nomor 1 tahun 2023 tingkat Provinsi Aceh yang dinobatkan oleh Bank Indonesia (BI) di ajang FESyar. 

MSBS juga dinobatkan sebagai Pesantren terbaik ke tiga di regional Sumatera tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan MSBS telah menjadi pelopor Pesantren yang tidak hanya berkontribusi banyak dalam melahirkan lulusan berkualitas untuk kebutuhan dunia kerja tapi juga ikut andil dalam memajukan perekonomian Aceh, melalui inovasi dan berbagai digitalisasi. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda