Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Peringati HUT RI, Warga Banda Aceh ini Gelar Lomba Panjat Pisang

Peringati HUT RI, Warga Banda Aceh ini Gelar Lomba Panjat Pisang

Senin, 19 Agustus 2019 08:48 WIB

Font: Ukuran: - +
Anak-anak Gampong Geuceu Kayee Jato Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, mengikuti lomba panjat pohon pisang dalam perayaan HUT RI ke-74, Minggu (18/8/2019). [FOTO: IST]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Berbagai aneka perlombaan digelar oleh setiap desa, instansi swasta, pemerintah dan organisasi dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019. 

Tak ketinggalan di Aceh. Saat Walikota Langsa beberapa hari lalu menyerukan agar warganya tak menggelar lomba panjat pinang, warga Gampong Geuceu Kayee Jato Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, ini justru menghadirkan lomba serupa pada Minggu (18/8/2019), dengan menggelar lomba panjat pohon pisang di lapangan mini gampong setempat. 

Ketua Panitia Acara Azizah menuturkan, dalam peringatan HUT RI tahun ini pihaknya menggelar perayaan selama dua hari, 17-18 Agustus 2019, yang dimeriahkan dengan perlombaan unik yaitu panjat pohon pisang.

"Biasanya panjat pohon pinang, kali ini kami merubahnya menjadi pohon pisang saja, dimana letak kesulitannya juga hampir sama dengan panjat pohon pinang," ujar Azizah kepada media, Senin (19/8/2019). 

Perlombaan tersebut kata dia dikhususkan untuk anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak. Selain itu juga ada aneka perlombaan lainnya yaitu mulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, estafet air, dan sejumlah pertandingan baru lainnya. 

Tgk Muhammad Dewi, salah satu panitia penyelenggara mengatakan, panitia sengaja menyusun berbagai lomba unik dan menarik, semata-mata untuk memeriahkan HUT RI ke-74.

"Panitia sengaja membuat beraneka lomba yang unik agar menarik minat warga, khususnya Ibu-ibu dan Bapak-bapak, yang biasanya tak ada niatan ikut," kata Tuha Peut Gampong itu. 

Sementara itu, Rafika (39) salah satu peserta lomba mengungkapkan, dia tertarik mengikuti perlombaan tersebut karena mampu membuat warga yang sehari-harinya sangat jarang bertemu, bisa kembali menjalin silaturahmi antar sesama. 

Geuchik Gampong Geuceu Kayee Jato Murhaban di sela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pemuda Gampong Geuceu Kayee Jato dan masyarakat atas terselenggaranya kegiatan ini. 

"Partisipasi ini menandakan kebersamaan kita masih hidup, selain itu kegiatan ini juga mengingatkan kita pada para pahlawan yang telah menanamkan semangat perjuangan dan nilai kemerdekaan kepada kita semua," ujarnya. 

Pantauan di lapangan, para warga dari berbagai dusun yang ada di Gampong Geuceu Kayee Jato mulai dari orang tua hingga anak-anak berbaur menyatu dan sangat antusias mengikuti berbagai perlombaan. 

Mereka sangat kompak, sesekali terdengar tawa, terlihat mereka sangat menikmati perlombaan itu, sepatutnya juga kita, harus bersyukur atas anugerah kemerdekaan ini.(me/rel)

Editor :
Makmur Emnur

Komentar Anda