Beranda / Berita / Aceh / Penggunaan Sosial Media Bisa Bawa Dampak Baik dan Buruk

Penggunaan Sosial Media Bisa Bawa Dampak Baik dan Buruk

Rabu, 15 Desember 2021 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Fatur
Ilustrasi hacker. [Foto: Ist]

DIALEKSIS.COM | Medan - Perkembangan Sosial Media memang berkembang pesat. Namun tentu bisa membawa pengaruh baik dan buruk terhadap penggunaanya dari masyarakat saat ini.

Salah satu Programmer lepas, M Sofyan Ramin mengatakan, pengaruh sosial media di masyarakat itu sangatlah baik. “Karena basisnya sebuah aplikasi sosial media itu dibuat dengan setulus hati oleh pembuatnya, namun tentu pengaruh daripada sosial media ini sangatlah besar,” ucapnya kepada Dialeksis.com, Rabu (15/12/2021) melalui telepon seluler secara singkat.

Dirinya sedikit menjelaskan, seharusnya media sosial yang hadir saat ini harus diperkuat dengan sistem seleksi yang ketat.

“Artinya konten-konten ataupun sumber informasi yang masuk atau tersebar harus diseleksi secara Algoritma yang disusun sedemikian rupa. Timbul pertanyaan disini, apakah Algoritma itu bisa dikendalikan? Tentu bisa! Asal daripada pengguna (User) dari sosmed itu membuka atau mencari konten-konten yang tidak berpengaruh buruk terhadapnya,” jelasnya.

“Namun itu bisa juga dikatakan tidak mengendalikan Algortima,” tambahnya.

Sofyan menjelaskan lebih lanjut, pada dasarnya disosmed itu ada yang nama search enginenya. “Misal Instagram, kan ada kolom pencarian, nah disitu yang harus diwaspadai oleh user agar tak mencari konten yang buruk terhadapnya, karena jika terlalu sering mencari misalnya konten balap liar, atau minuman keras secara otomatis Algoritma si User atau Account Sosmed itu akan menampilkan apa yang sering dicarinya, biasanya itu akan secara otomatis dalam hitungan 1/2 hari bahkan bisa lebih cepat,” jelasnya.

Karena itu, Sofyan menegaskan agar untuk lebih bijaksana dalam menggunakan sosmed. “Karena kita tidak tahu siapa user yang tengah kita klik atau Account tersebut. Sedangkan juga, informasi pribadi kita ada didalam sosmed itu sendiri, karena saat ini serangan cyber itu bisa terjadi kapan saja, dengan segala informasi pribadi kita di internet, sangat meungkin para kriminal cyber ini bisa mengakses kapanpun dan dimanapun data pribdi kita, karena itu, bijaklah dalam bersosial media,” pungkasnya. [ftr]

Keyword:


Editor :
Alfatur

kip
riset-JSI
Komentar Anda