Beranda / Berita / Aceh / Pascasarjana Unsyiah Capai ISO 9001:2015

Pascasarjana Unsyiah Capai ISO 9001:2015

Kamis, 20 Juni 2019 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs Unsyiah) kembali memperpanjang durasi sertifikasi ISO 9001:2015 melalui Audit Surveillance Siklus II yang dilaksanakan di Gedung PPs Unsyiah, Selasa (18/6).

Pelaksanaan kegiatan audit dilakukan oleh perusahaan TUV Rheiland yang berpusat di Jerman, dengan auditor TUV, Dr. Abdul Mannan Aruli.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Hesti Meilina, M.Si., mengatakan, hasil audit tersebut langsung diumumkan oleh auditor setelah melakunan proses penilaian ketat. Menurutnya, pemeriksaan oleh auditor dilaksanakan di depan seluruh staf dan pejabat di lingkungan PPs Unsyiah pada saat Closing Meeting dengan hasil tanpa temuan (minor = 0 dan major = 0).

Hesti yang juga Ketua Satuan Penjaminan Mutu PPs Unsyiah, menegaskan, ISO atau The International Organization for Standardization adalah salah satu badan penetapan standar mutu internasional bagi sebuah organisasi yang terdiri dari wakil setiap negara. 

Setiap perusahaan atau organisasi yang ingin bersaing secara global dapat diukur kredibilitasnya melalui standar ISO. Sertifikasi ISO 9001:2015 yang diperoleh PPS Unsyiah merupakan sistem manajemen mutu dengan pendekatan proses yang bertujuan meningkatkan efektivitas manajemen mutu.

Manfaat yang diperoleh dari sertifikasi ini bagi PPs Unsyiah adalah untuk meningkatkan kredibilitas, meningkatkan image institusi; meningkatkan kepercayaan konsumen/pelanggan; kualitas yang terjamin dengan standar internasional; mengoptimalkan kerja staf; dan menghemat biaya. 

Hesti juga menjelaskan, dengan berhasilnya PPs Unsyiah mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015, PPs akan mendapatkan kepercayaan yang lebih baik dari konsumen/pelanggan yang dalam hal ini adalah dosen dan mahasiswa sehingga akan lebih memberikan peluang bagi Universitas Syiah Kuala bersaing di tingkat internasional. 

Sebagai informasi, PPs Unsyiah telah menerapkan sistem pelayanan akademik berstandar internasional dan bersertifikasi ISO 9001:2015 sejak Tahun 2018. 

Dalam kesempatan berbeda, Direktur PPs Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Darusmam, M.Sc, mengatakan, seluruh jajaran pimpinan di PPs Unsyiah berharap, dengan hasil yang diperoleh ini, PPs Unsyiah dapat selalu menjaga mutu pelayanan yang baik kepada Prodi, Dosen dan Mahasiswa selaku pelanggan/konsumen PPs Unsyiah. 

Penghargaan yang sama disampaikan oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Samsul Rizal., M.Eng.

Samsul mengatakan, semangat menjadi yang terbaik, harus terus digelorakan untuk menjadikan unsyiah lebih baik.

Ia mengatakan, diharapkan pada audit surveillance selanjutnya, Prodi Multidisiplin yang pengelolaannya berada dibawah PPs Unsyiah dapat bergabung sebagai unit yang dapat mengimplementasikan ISO 9001:2015.

Keyword:


Editor :
Im Dalisah

riset-JSI
Komentar Anda