Beranda / Berita / Aceh / Pangdam IM Serahkan Sapi Meugang Sambut Ramadan 1445 H

Pangdam IM Serahkan Sapi Meugang Sambut Ramadan 1445 H

Senin, 11 Maret 2024 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr (Han), menyerahkan Sapi Meugang dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan tahun 1445 H/2024 M, di Makodam IM, Senin (11/03/2024). [Foto: Humas Kodim]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr (Han), menyerahkan Sapi Meugang dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan tahun 1445 H/2024 M, di Makodam IM, Senin (11/03/2024).

Sapi Meugang tersebut rencananya akan dibagikan untuk Personel Kodam Iskandar Muda.

Dalam kesempatan itu, Pangdam IM menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya, sehingga acara penyerahan daging Meugang ini dapat terselenggara dengan baik.

“Di Aceh, Meugang merupakan suatu tradisi yang menandai datangnya Bulan Suci Ramadhan,” kata Pangdam IM.

Lanjut Pangdam IM menjelaskan bahwa sejarah awal mulanya tradisi Meugang dalam masyarakat Aceh ini dilakukan oleh para Bangsawan dan Ulebalang pada masa kerajaan Aceh di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda.

“Meugang adalah tradisi menyembelih hewan berupa kambing atau sapi dan dagingnya diberikan kepada rakyat (yang kala itu masih jarang menikmati daging) agar masyarakat bisa menikmati makanan yang sama,” ujar Pangdam IM.

Pangdam IM mengajak agar tradisi Meugang ini dapat dijadikan sebagai penanda bahwa kita harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik serta hati yang bersih untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 H/2024 M, semoga ibadah puasa kali ini menjadi tempat beramal dan menambah pahala, dan tetap semangat bekerja guna pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara”. Tutup Pangdam IM.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam IM, Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, Para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM beserta para Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda