Beranda / Berita / Aceh / Panen Bawang Merah, Azwardi Apresiasi Pemberdayaan Ekonomi Sektor Pertanian di Aceh Utara

Panen Bawang Merah, Azwardi Apresiasi Pemberdayaan Ekonomi Sektor Pertanian di Aceh Utara

Sabtu, 17 September 2022 11:30 WIB

Font: Ukuran: - +


[Foto: Humas Pemkab Aceh Utara]

DIALEKSIS.COM | Aceh Utara - PJ Bupati Aceh Uatara Azwardi, AP., M.Si Panen Perdana bersama Petani budidaya tanaman bawang merah di Gampong Ulee Geudong, Kecamatan Sawang Aceh Utara, Kamis (15/9).

Dalam rilisnya yang diterima Dialeksis.com, Sabtu (17/9/2022), Panen perdana tanaman bawang merah hasil uji coba dilahan yang selama ini digolongkan sebagai lahan tidur yang tidak ditanami palawija membentang lereng perbukitan ganpong terebut, kini hanpir 25 haktare luas lahan disulap bersana penyuluh pertanian jadi lahan produktif dan menarik bagi rencana pengembangan imvestasi BUMG setempat

Area tanaman Bawang merah baru kali ini ditanam oleh petani , Bawang merah bibit unggul bersertifikat tersebut ditanam di lahan seluas dua hektare yang berada di dua lokasi yang berdekatan.

Maulidin Geusyik Gampong Ulee Geudong, dihadapan Pj Bupati Aceh Utara Azwardi,memaparkan bahwa total luas lahan yang sedang dipersiapkan untuk lokasi penanaman bawang merah dan jagung seluas 25 hektare dari 70 hektare lahan yang tersedia di gampong tersebut.

Budidaya tanaman ini ditanam di lahan yang baru dibuka, kami juga baru pengalaman pertama kali tanam bawang merah,” ujar Maulidin.

“Kendalanya, yaitu hujan dalam masa penanaman perdana sehingga PH (keasaman air) tanah rendam, ini yang mengundang jamur pada tanaman bawang, namun kendala ini bisa diatasi dengan penanganan yang tepat,” ungkap penyuluh dari Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara.

Dikesempatan yang sama, Pj Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah mengapresiasi upaya pemberdayaan ekonomi sektor pertanian yang dilakukan warga Gampong Ulee Geudong.

Selanjutnya »     “Ini lahan sudah ada, bagaimana bisa t...
Halaman: 1 2 3
Keyword:


Editor :
Alfatur

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda