demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / Meski Belum Penuhi Syarat Administrasi, 2 Parlok Ini Optimis Ikut Pemilu 2024

Meski Belum Penuhi Syarat Administrasi, 2 Parlok Ini Optimis Ikut Pemilu 2024

Sabtu, 17 September 2022 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Foto: kolase dialeksis


DIALEKSIS.COM | Aceh - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan sebanyak empat partai lokal yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024, belum memenuhi syarat administrasi.

Yaitu Partai Adil Sejahtera (PAS), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa (Gabthat).

Sejauh ini baru dua partai lokal yang dinyatakan telah lolos verifikasi administrasi yakni Partai Aceh (PA) dan Partai Nanggroe Aceh (PNA). 

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Gabthat Tgk H Ahmad Tajuddin atau yang lebih dikenal dengan Abi Lampisang mengatakan pihaknya akan memenuhi semua syarat administrasi yang belum lengkap. 

Untuk empat partai lokal yang belum memenuhi syarat administrasi diberi kesempatan melakukan perbaikan berkas administrasi selama 14 hari.

Dimulai 15 September sampai dengan 28 September 2022 sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang jadwal dan tahapan pemilu 2024. 

“Apapun yang diminta oleh KIP Aceh, kami menyempurnakannya supaya bisa ikut pemilu 2024, kami tetap menjunjung aturan yang berlaku,” kata Abi Lampisang saat dihubungi Dialeksis.com, Sabtu (17/9/2022).

Sementara itu, Wakil Ketua DPP Partai Gabthat, Tgk Mahlil menjelaskan bahwa ini masih tahapan persyaratan administrasi dan belum final. 

“Ini sudah disalahartikan oleh publik, seolah-olah 4 partai lokal itu tidak lolos untuk ikut pemilu 2024. Sebenarnya Ini masih tahapan pendaftaran dan berkas yang belum lengkap diberi waktu perbaikan selama 14 hari,” terangnya. 

Kemudian, lanjutnya, KIP Aceh akan melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan pada tanggal 29 September sampai 12 Oktober 2022. Sementara KIP Kabupaten/Kota melakukannya pada tanggal 1 sampai 7 Oktober 2022.

“Kami mampu melewati semua pemenuhan syarat-syarat yang belum terpenuhi,” tegasnya. 

Selain itu, Ketua Umum PAS Aceh, Tgk H Bulqaini, SSosI mengucapkan terima kasih kepada KIP Aceh yang jauh-jauh hari sudah menginformasikan kepada partai. 

“Saya sudah prediksi akan ada perbaikan, kita sudah bekerja bersama pengurus di daerah untuk memperbaiki itu dan insyaallah sudah siap. Kita bersemangat, dan optimis pasti bisa lolos,” jelasnya. 

Tgk Bulqaini menjelaskan, persoalan saat ini terdapat tumpang tindih keanggotaan partai politik. Untuk itu, kata dia, kedepan akan diganti dengan anggota yang dipastikan belum sama sekali menjadi anggota parpol. 

Ia meminta kepada seluruh pengurus daerah untuk tidak putus asa dengan pemberitaan ini. Dirinya menyadari sebagai peserta partai politik baru tentu ada kekurangan. 

“Kalau semuanya kompak dan serius pasti yang kita inginkan segera terwujud,” pungkasnya. (Nora)

Keyword:


Editor :
Redaksi

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda