Beranda / Berita / Aceh / Masuki Tahap Uji, Kadishub Aceh Tinjau Stasiun Kereta Api Kuta Blang Bireuen

Masuki Tahap Uji, Kadishub Aceh Tinjau Stasiun Kereta Api Kuta Blang Bireuen

Sabtu, 08 Januari 2022 21:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Stasiun Kereta Api Kuta Blang Bireuen. [Foto: Dinas Perhubungan Aceh]


DIALEKSIS.COM | Bireuen - Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Kereta Api Kuta Blang Bireuen yang disambut langsung Abdul Kamal, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kereta Api Aceh Wilayah I, Jumat (7/1/2022).

Junaidi berkunjung untuk meninjau persiapan stasiun yang akan diresmikan dalam beberapa waktu ke depan. Selain stasiun ini, ada juga Stasiun Geurugok yang sudah dilakukan peresmiannya terlebih dahulu.

Abdul Kamal mengungkapkan, sebelum diresmikan dan beroperasi, akan dilakukan pengujian terhadap prasarana maupun sarana perkeretaapian. 

"Insyaallah, rencananya tanggal 15 Januari akan turun tim penguji dari Balai Pengujian Perkeretaapian," kata Kamal, sapaan akrabnya.

Lintasan Kuta Blang - Geurugok sudah dilakukan pengujian jalur, dan saat ini sedang menunggu hasil dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara merencanakan jalur kereta api Kuta Blang - Krueng Mane, dengan jarak 10.1 Km, dapat beroperasi pada tahun ini. Dengan penambahan pengoperasian ini, total keseluruhan panjang jalan rel yang beroperasi mencapai 21,45 Km.

Selain Stasiun Kuta Blang, sebut Kamal, pihaknya saat ini sedang fokus menyelesaikan pembangunan Stasiun Kereta Api Paloh Lhokseumawe, yang memiliki jarak 8 Km dari Stasiun Krueng Geukuh. Stasiun Paloh ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2023, sehingga Kereta Api Cut Meutia dapat melayani angkutan kereta api perintis lintasan Paloh hingga Kuta Blang Bireuen dengan jarak 29.36 Km. [DPA]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda