Beranda / Berita / Aceh / Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal

Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal

Sabtu, 02 Desember 2023 17:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP USK menggelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal, terutama Jurnal Prodi Ilmu Pemerintahan yaitu Journal of Governance and Social Policy, Kamis (30/11/2023). [Foto: dok. FISIP USK]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal untuk meningkatkan reputasi jurnal, terutama Jurnal Prodi Ilmu Pemerintahan yaitu Journal of Governance and Social Policy. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat FISIP USK, Kamis (30/11/2023).

Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP USK Dr. Effendi Hasan, M.A dalam sambutannya menyampaikan, peningkatan akreditasi jurnal sangat diperlukan karena berhubungan dengan peningkatan kualitas karya ilmiah atau penelitian. Diharapkan workshop tersebut dapat berkontribusi terhadap peningkatan akreditasi jurnal-jurnal yang ada di USK khususnya di FISIP.

ā€œSelama ini baru ada tiga prodi di FISIP USK yang sudah terakreditasi Sinta yaitu, Prodi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi dan Sosiologi,ā€ katanya.

Menurutnya, semua pengelola jurnal tentu bercita-cita supaya jurnal yang dikelolanya mendapatkan prestasi yang baik dengan cara terindeks dengan reputasi internasional seperti Scopus, Science Citation Index(SCI), dan Social Sciences Citation Index(SSCI).

Foto: dok. FISIP USK

"Scopus merupakan salah satu sumber data literatur ilmiah berupa jurnal internasional bereputasi yang dimiliki dan dikelola oleh Elsevier. Jurnal terindeks Scopus inilah yang dipakai oleh Direktorat Jendral (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) sebagai acuan jurnal internasional bereputasi," jelas Dr. Effendi Hasan.

Sementara itu, Editor in Chief Jurnal Samarah Dr. Mursyid Djawas, M.HI yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan, peningkatan reputasi jurnal tentu membutuhkan usaha keras dan kerja sama para pengelola jurnal.

"Jurnal Samarah UIN Ar-Raniry yang sudah menjadi jurnal terindeks Scopus Q1 juga sudah menjalani fase-fase tersebut," tuturnya.

Kegiatan yang dimoderatori Kaprodi Ilmu Pemerintahan Wais Alqarni, M.A turut dihadiri para pengelola jurnal di lingkungan USK dan pihak eksternal seperti PuslatbangKHAN LAN Aceh, para Dosen dan Mahasiswa FISIP USK.[*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda