Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Kodam IM Peringati Nuzulul Qur’an 1440 Hijriyah

Kodam IM Peringati Nuzulul Qur’an 1440 Hijriyah

Kamis, 23 Mei 2019 19:38 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kodam Iskandar Muda (Kodam IM) memperingati Nuzulul Qur’an 1440 Hijriyah/2019 M di Mesjid Babul Mawaddah Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Kamis (23/5/19).

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dalam sambutannya mengatakan, Nuzulul qur’an merupakan tonggak awal proses turunnya Al-Qur’an kepada umat manusia melalui nabi Muhammad SAW, agar menjadi rahmat bagi seluruh alam, sebagai sumber ilmu pengetahuan dan membimbing umat manusia agar menjadi lebih baik.

Menurut Pangdam, peringatan Nuzulul Qur’an memiliki hikmat yang dalam bagi prajurit Kodam IM, khususnya sebagai upaya pembinaan mental keagamaan prajurit untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Dengan selalu berpedoman kepada kitab Al-qur’an, Insya Allah kita akan selalu mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT,”

Pangdam IM mengajak, untuk mengoptimalkan kegiatan ibadah dibulan Suci Ramadhan.

“Pada bulan suci ramadhan ini, mari tingkatkan kesholehan pribadi dan kesholehan sosial melalui sholat taraweh, memperbanyak infaq dan shodaqoh, serta membaca dan memahami isi kandungan Al-Qur’an,” ajak Pangdam IM.

Sementara itu, Ustadz Masrul Aidi, Lc. MA. dalam ceramahnya menyampaikan, peringatan Nuzulul Qur'an tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat di zamannya, namun tidak berarti bahwa kita juga tidak boleh melaksanakannya dengan alasan bid'ah. Misalnya, karena ada suatu keyakinan bahwa semua semua yang dilakukan oleh Rasullullah SAW dan para sahabat adalah kebaikan, tapi tidak semua kebaikan sudah dilakukan oleh mereka. Zaman berubah, waktu berlalu, tantangan dakwah juga berbeda, di pandang penting untuk menghidupkan kembali nilai nilai sejarah dan hikmah yang terkandung didalamnya kepada generasi muda.

Tujuan utama diutuskannya Rasullullah SAW dan diturunkannya Al Qur'an adalah memperbaiki dan menyempurnakan akhlak dan budi pekerti manusia, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

"Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin di hari kiamat melainkan akhlak yang baik, dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang suka berbicara kotor. Sesungguhnya diantara yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat majelisnya dariku di hari kiamat adalah yang paling baik akhlaknya diantara kalian,” tutup Ustadz H. Masrul Aidi, Lc., MA.

Dalam acara tersebut turut dihadiri, Kasdam IM, Brigjend TNI A. Daniel Chardin, S.E. Kapok Staf Ahli Pangdam Kolonel Inf Bagus Budianto, P.Sc., M.A., M.Sc., Irdam Kolonel Czi Firman Dahlan, S.I.P, para Pa ahli Pangdam IM, para Asisiten dan Kabalak serta ratusan personel Kodam Iskandar Muda. (KODAM IM)

Editor :
Pondek

universitas teuku umar
Komentar Anda